Kamis 12 Jan 2023 16:19 WIB

Intip Isi Koper Pramugari, Barang-Barang Ini tak Ketinggalan Dibawa

Pramugari merupakan salah satu sosok yang terbiasa mempersiapkan barang bawaan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Barang-barang yang selalu dibawa dalam koper pramugari. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Barang-barang yang selalu dibawa dalam koper pramugari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah barang yang bisa dibawa di pesawat cenderung terbatas. Untuk itu, Anda perlu memilih dan membawa barang-barang yang tepat agar pengalaman bepergian ke luar kota atau negeri dengan pesawat menjadi lebih nyaman.

Pramugari merupakan salah satu sosok yang paling berpengalaman dan terbiasa dalam mempersiapkan barang bawaan untuk terbang dengan pesawat. Mengacu pada pengalaman beberapa pramugari, berikut ini adalah sembilan barang yang selalu mereka bawa ketika berpergian dengan pesawat, seperti dilansir Best Life, Kamis (12/1/2023):

Baca Juga

1. Alat perlindungan dari cuaca

Saat sedang di luar kota atau luar negeri, antisipasi terhadap cuaca yang buruk perlu dipersiapkan dengan baik. Alasannya, mencari alat pelindung diri dari cuaca seperti payung atau jas hujan mungkin tak semudah saat berada di rumah sendiri.

Selain itu, cuaca di destinasi tujuan bisa jauh berbeda. Terkadang seseorang mungkin akan membutuhkan payung sesaat setelah tiba di destinasi tujuan.

"Saya selalu membawa payung kecil dalam tas yang saya tenteng," kata mantan pramugari Steffanie Rivers.

2. Produk penyegar

Udara di dalam pesawat bisa membuat kulit terasa sangat kering. Kondisi ini dapat dihindari dengan membawa produk-produk yang bisa menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit, seperti pelembap untuk tubuh, wajah, dan bibir.

3. Pakaian berenang

Saat melakukan perjalanan untuk berlibur, satu hal yang sebaiknya dibawa adalah pakaian berenang. Meski seseorang tak pernah berencana untuk bermain di pantai di awal, keinginan tersebut bisa saja muncul setelah tiba di lokasi berlibur. Membawa pakaian khusus untuk berenang juga dapat menghemat jumlah baju yang bisa dipakai selama liburan.

4. Alat untuk memperjelas pandangan

Senter berukuran kecil bisa sangat bermanfaat saat dibawa bepergian. Senter kecil ini bisa membantu memperjelas penglihatan dalam kondisi tertentu, misalnya saat mencari barang bawaan di kondisi gelap, membaca buku di dalam pesawat, atau mendeteksi kamera tersembunyi di kamar hotel.

5. Alas kaki yang pas

Meski sepanjang penerbangan orang-orang akan berada dalam posisi duduk, bukan berarti alas kaki yang nyaman tak diperlukan. Menggunakan alas kaki yang pas dan nyaman akan sangat membantu orang-orang saat harus berjalan kaki di dalam bandara.

"Anda tak pernah tahu rupa jalanan di berbagai belahan dunia, atau seberapa jauh jalan keluar di bandara," ujar pramugari dengan pengalaman 20 tahun, Heidi Ferguson.

6. Camilan

Baik saat melakukan penerbangan panjang maupun singkat, camilan patut menjadi bawaan wajib. Sebab bisa saja camilan yang disediakan di pesawat tidak sesuai dengan selera atau kondisi. Camilan juga dapat menjadi pengganjal perut di antara jam makan dalam penerbangan yang panjang.

7. Baju yang menghangatkan

Suhu di dalam pesawat bisa terasa sangat dingin. Oleh karena itu, penting untuk selalu membawa jaket, kaus kaki, sweater, atau topi yang menghangatkan saat melakukan penerbangan. Bila memungkinkan, selimut kecil portable juga bisa membantu.

8. Barang penting lain

Sebelum mengisi tas dengan barang-barang lain seperti buku atau headphone, pastikan semua barang-barang esensial yang akan diperlukan saat bepergian sudah terbawa. Beberapa contohnya adalah obat-obatan pribadi dan pengisi daya untuk gawai. Agar bisa tersusun rapi, kabel pengisi daya dapat diikat dengan velcro tape dan disimpan di dalam tas kecil.

9. Peralatan kebersihan

Seperti di awal pandemi, kebersihan tetap perlu mendapatkan perhatian lebih saat bepergian. Beberapa alat kebersihan yang sebaiknya dibawa adalah hand sanitizer dan tisu basah. Kedua pembersih ini bisa digunakan untuk membersihkan bangku dan meja di dalam pesawat sebelum digunakan, atau untuk membersihkan tangan sesaat setelah keluar dari toilet pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement