Rabu 11 Jan 2023 03:14 WIB

Begini Cara Memilih Sepeda yang Tepat

Satu hal yang paling penting, pilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan

Bersepeda (ilustrasi). Satu hal yang paling penting, pilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan
Foto: Piqsels
Bersepeda (ilustrasi). Satu hal yang paling penting, pilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak pandemi Covid-19, kegiatan bersepeda menjadi tren yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, baik sebagai alat transportasi, olah raga, maupun hanya untuk sekadar menghilangkan penat.

Di pasaran, terdapat banyak jenis sepeda yang tersedia, sehingga bagi pemula mungkin akan sedikit kebingungan untuk memilih sepeda yang tepat. Dalam acara temu media di Jakarta pada Selasa (10/1/2023), Country Manager Brompton Bicycle Indonesia Kevin Wijaya membagikan tips untuk anda sebelum membeli sepeda. Satu hal yang paling penting, menurut dia, pilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga

"Kembali lagi tergantung masing-masing pengguna. Yang kami sarankan, lebih ke apa, sih, peruntukan yang mau digunakan? Brompton sendiri menyediakan berbagai pilihan, ada yang 2 speed, 3 speed, 6 speed atau urban, utility, dan explore," kata Kevin.

Jika kebutuhannya adalah untuk penggunaan jarak jauh dan sering melalui jalan yang menanjak, Kevin menyarankan untuk memilih sepeda tipe 6 speed. "Kita sarankan 6 speed karena untuk naik gigi sampai enam itu akan lebih ringan saat dikayuh," ujarnya.

 

Sedangkan jika sepeda hanya akan digunakan untuk bersantai atau olah raga sambil mencari sarapan di pagi hari dengan jarak yang dekat dan tidak banyak melewati jalan yang menanjak, menurut Kevin, pilihlah sepeda tipe 2 speed.

"Jadi memilih sepeda bukan tentang pemula atau ahli karena semua bisa dipakai oleh siapa pun. Tapi, lebih ke kebutuhannya untuk apa," kata Kevin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement