Senin 09 Jan 2023 17:00 WIB

Terganggu Suara Lato-Lato? Ini Saran Psikolog

Bunyi kencang lato-lato dapat membuat orang lain terganggu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Anak-anak bermain lato-lato saat acara Kids FanFest Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (30/12/2022). Permainan lato-lato sedang menjadi tren di Indonesia.
Foto:

Vera memaklumi jika permainan itu menjadi tren, sebab setiap manusia punya kecenderungan ingin menjadi bagian dari kelompok. Ketika ada kegiatan bermain lato-lato yang lucu, murah meriah, bisa dimainkan di manapun, menyenangkan, dan banyak yang memainkan, maka banyak orang serta-merta juga ingin main.

Dengan ikut memainkan lato-lato, seseorang merasa jadi bagian dari grup, serta merasa dirinya kekinian. Menurut Vera, itu membantu penghayatan individu bahwa seseorang bisa hidup dalam harmoni dengan orang lain. Bagi Vera, itu penting, dan tidak ada yang salah dengan viralnya lato-lato.

"Baru jadi masalah kalau lato-lato sebagai kegiatan bermain tidak dilakukan dalam setting atau waktu tepat. Namanya kegiatan bermain, sebetulnya setting-nya harus pada waktu bermain, saat istirahat, atau waktu senggang," ungkap Vera.

Psikolog yang praktik mandiri di Wisma 46 tersebut menjelaskan, anak-anak memang punya hak bermain. Bahkan, itu sudah diatur dalam konvensi hak-hak anak yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hanya saja, ada aturan dalam melakukan kegiatan bermain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement