Rabu 04 Jan 2023 18:16 WIB

Trik Cegah Ular Masuk Dapur, Mudah Tapi Manjur

Salah satu area rumah yang cukup disukai ular untuk bersembunyi adalah dapur.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Trik mencegah ular masuk ke rumah. (ilustrasi)
Foto: ist
Trik mencegah ular masuk ke rumah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski bukan hal yang umum terjadi, ular liar bisa masuk ke dalam rumah secara diam-diam. Salah satu area rumah yang cukup disukai oleh ular untuk bersembunyi adalah dapur karena kondisinya yang hangat dan dipenuhi oleh makanan.

Keberadaan ular liar di dalam rumah dapat memunculkan perasaan waswas dan tidak nyaman. Kabar baiknya, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah, khususnya dapur. Berikut ini adalah tujuh trik di antaranya, seperti dilansir laman Best Life, Rabu (4/1/2023):

Baca Juga

1. Taruh bawang putih

Ular merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap aroma kuat seperti bawang putih segar. Selain bisa mencegah masuknya ular ke dapur, menaruh bawang putih juga dapat membuat dapur memiliki aroma yang harum.

Bawang putih bisa diletakkan di berbagai area dapur yang mungkin menjadi tempat masuk atau berdiamnya ular. Sebagai contoh, area dapur yang memiliki lubang atau celah.

2. Jaga kebersihan dan kerapian

Memperhatikan kebersihan dan kerapian dapur merupakan hal yang penting dalam mencegah masuknya ular ke dalam dapur. Alasannya, ular merupakan hewan yang senang bersembunyi di tempat yang dipadati barang, gelap, dan berantakan.

"Ular tertarik dengan lingkungan yang dipenuhi barang dan berantakan," ujar CEO petculiars.com, Lisa Shelby.

Shelby menganjurkan orang-orang untuk membersihkan berbagai serpihan makanan hingga tumpahan cairan di dapur secara berkala. Pastikan pula makanan yang ada di dapur disimpan dalam wadah tertutup agar tak memancing ular.

3. Tutup lubang

Sebagai hewan melata, ular bisa dengan mudah masuk ke dalam dapur melalui celah atau lubang yang kecil. Celah atau lubang ini bisa ditutup dengan berbagai material, seperti caulk dan busa mengembang.

4. Singkirkan air

Seperti halnya manusia, ular juga membutuhkan air untuk bertahan hidup. Ular biasanya akan meminum air dari percikan atau genangan air. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tak ada air yang tersimpan dalam wadah terbuka di dapur. Bila ingin menyimpan air, pastikan air ditempatkan dalam wadah atau botol tertutup.

5. Pasang sweep pintu

Posisi bagian bawah pintu dan lantai kerap menyisakan celah yang cukup besar untuk menjadi pintu masuk ular. Celah di bawah pintu ini bisa ditutup dengan menggunakan sweep pintu.

"Bila dapur Anda memiliki pintu, Anda bisa memasang sweep pintu di bawah pintu untuk mencegah ular masuk," kata Shelby.

6. Manfaatkan pengusir tikus

Walaupun ditujukan untuk tikus, produk pengusir tikus juga dapat menghalau ular masuk ke dapur. Bila tak ingin menggunakan produk pengusir tikus, coba gunakan minyak alami atau rempah beraroma kuat seperti kayu manis yang dibenci oleh ular.

"Gunakan pengusir tikus alami seperti minyak peppermint, jahe, sikat gigi di dalam atau dekat tempat Anda menyimpan makanan," ujar AH David dari Pest Control Weekly.

7. Pelihara kucing atau anjing

Hewan peliharaan tak hanya bisa menjadi teman yang baik, tetapi juga dapat menjaga pemiliknya dari "tamu tak diundang" seperti ular. Anjing dan kucing bisa menjalankan peran tersebut dengan baik karena keduanya dikenal sebagai hewan yang ahli dalam berburu.

"Anjing dan kucing bisa memperingati Anda mengenai adanya ular di rumah Anda, anjing terutama, memiliki indra penciuman yang sangat hebat untuk mendeteksi keberadaan ular di berbagai ruangan," ujar David.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement