Rabu 04 Jan 2023 15:55 WIB

Cara Jitu Agar Tampak Awet Muda Alami Menurut Sains

Ada cara-cara tertentu agar orang terlihat lebih muda secara alami.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Cara agar tampak awet muda secara alami. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Cara agar tampak awet muda secara alami. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada rahasia baku agar seseorang terlihat awet muda. Meski begitu, ada cara-cara tertentu agar orang terlihat lebih muda secara alami.

Dokter keluarga bersertifikat, Tomi Mitchell, mengatakan selama pengalaman kariernya, dia melihat kencenderungan orang yang memiliki minat khusus dalam prosedur perawatan kulit dan kosmetik. Dia melihat banyak pengalaman terkait pilihan tertentu yang bisa sangat memengaruhi penampilan. 

Baca Juga

“Bagi saya, bukan rahasia lagi mengapa ada dua orang dengan usia yang sama, namun yang satu terlihat jauh lebih muda dari yang lain,” kata dr Mitchell seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Rabu (4/1/2023).

Diet, tidur, dan olahraga selalu dipandang sebagai "standar emas" untuk tetap awet muda dan terlihat segar. Namun ada beberapa trik lain untuk menjaga kesegaran penampilan. Berikut lima cara jitu yang didukung sains untuk terlihat jauh lebih muda dari usia sesungguhnya:

1. Jangan merokok

Dr Mitchell mengingatkan, merokok dapat memiliki konsekuensi serius pada tubuh dan organ seseorang. Merokok dikenal sebagai penyebab utama kematian dini yang dapat dicegah di Amerika Serikat dan banyak negara lain. 

Kebanyakan orang tahu bahwa merokok buruk bagi kesehatan dan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Merokok membawa berbagai efek buruk pada kulit, berkontribusi pada garis-garis halus dan kerutan, serta hilangnya semangat dan cahaya muda secara keseluruhan. Hal ini memperjelas mengapa begitu banyak profesional perawatan kulit menekankan pentingnya berhenti merokok untuk menjaga kulit terlihat dan terasa terbaik.

2. Lindungi kulit

Merawat kulit dengan benar sangat penting untuk menjaganya tetap muda, sehat, dan cantik. Cara pertama dan terpenting untuk mulai melindungi kulit dari penuaan dini adalah selalu memakai tabir surya dengan SPF minimal 30 di luar ruangan. 

Seseorang harus minum banyak air karena hidrasi adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang terlihat terbaik. Untuk produk kecantikan, pilihlah yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami dan bebas dari kimia yang berpotensi mengiritasi dan dapat menyebabkan kerusakan seiring waktu. Gunakan pembersih ringan dan pertimbangkan pengelupasan kulit secara teratur untuk membuat kulit terlihat lebih cerah dan mengurangi munculnya kerutan. 

3. Tampilan variatif

Seorang perempuan bisa menghidupkan tampilan sehari-hari, misalnya dengan mengganti beberapa warna pakaian redup atau gelap. Sesekali gunakan pakaian dengan warna lebih cerah seperti kuning ceria atau merah muda yang cantik untuk membantu menyegarkan gaya dan memberi kesan lebih muda.

4. Selalu tersenyum

Dr Mitchell mengatakan, tersenyum adalah simbol kebahagiaan universal dan melambangkan kesejahteraan emosional maupun fisik. Jika merasa sedih atau stres, senyuman yang tulus dapat membantu meningkatkan suasana hati dengan melepaskan endorfin dan hormon alami lainnya seperti oksitosin dan dopamin. 

Tersenyum juga telah terbukti memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat stres pada sistem saraf kita. Selain itu, tersenyum secara teratur membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kortisol, yang dapat meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. 

5. Miliki sikap positif

Memiliki sikap positif dapat membuat dampak yang sangat positif dalam hidup. Ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, bahkan memiliki manfaat kesehatan. Bahkan dapat membantu seseorang terlihat lebih muda dari usia sebenarnya. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan pandangan hidup yang positif cenderung memiliki kesehatan secara keseluruhan, kejernihan mental, fokus, dan komunikasi yang lebih baik dengan orang lain. Mereka yang memandang hidup melalui kacamata berwarna mawar cenderung membuat keputusan kesehatan yang lebih baik, termasuk olahraga teratur dan kebiasaan makan yang lebih sehat dalam rutinitas sehari-hari. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement