Selasa 03 Jan 2023 15:18 WIB

Tips dari Dokter Anak untuk Keluarga yang Baru Mau Pergi Berlibur

Jaga kesehatan anak sebelum dan selama liburan.

Mengajak anak berlibur (Ilustrasi). Perhatikan kesehatan anak sebelum dan selama berlibur.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mengajak anak berlibur (Ilustrasi). Perhatikan kesehatan anak sebelum dan selama berlibur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian keluarga baru mau berangkat pelesiran di ujung masa libur sekolah. Agar anak dapat menikmati liburan dengan optimal, menurut dokter, penting untuk menjaga kesehatannya sebelum dan selama liburan.

Di antara sejumlah hal yang bisa dilakukan orang tua, dua di antaranya ialah memastikan anak mengonsumsi asupan nutrisi bergizi seimbang dan cukup istirahat sebelum bepergian. Dengan begitu, anak dapat berangkat berlibur dalam kondisi prima.

Baca Juga

"Penuhi vaksinasi anak sesuai dengan jadwal sebelum berlibur. Anak lebih dari enam tahun juga sudah harus mendapatkan vaksinasi Covid-19," kata dokter spesialis anak Bamed Rista Harwita Putri melalui keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (3/1/2023).

Hal lain yang juga perlu disiapkan, yakni pakaian sesuai dengan lokasi dan daerah tempat berlibur serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Jalankan protokol kesehatan yang benar jika membawa anak ke tempat rekreasi yang ramai pengunjung.

Kemudian, bila anak masih belum bisa memakai masker dengan patuh atau masih bayi, sebaiknya bawa anak berlibur bukan di tempat keramaian. Di samping itu, perhatikan kecukupan waktu istirahat selama liburan.

Orang tua perlu membatasi jam bermain dan mengatur waktu istirahat anak selama liburan. Waktu bermain dan istirahat yang seimbang membuat kekebalan tubuh anak tetap optimal.

Selain itu, pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi selama liburan. Anak memerlukan zat gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang sesuai untuk menjaga daya tahan tubuhnya tetap baik.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement