Senin 02 Jan 2023 07:36 WIB

Avatar 2 Jadi Film Berpenghasilan Tertinggi Kedua di AS Selama 2022

Avatar: The Way of Water masih tayang di bioskop.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Foto adegan film Avatar: The Way of Water. Film arahan James Cameron ini meraup pendapatan kotor tertinggi kedua di box office AS selama 2022.
Foto: Dok 20th Century Studios
Foto adegan film Avatar: The Way of Water. Film arahan James Cameron ini meraup pendapatan kotor tertinggi kedua di box office AS selama 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Avatar: The Way of Water sukses memecah rekor dengan meraup pendapatan kotor tertinggi kedua di box office AS selama 2022. Menurut Variety, sekuel arahan James Cameron itu tetap berada di puncak box office menjelang akhir pekan tahun baru, menghasilkan 24,4 juta dolar AS pada Jumat (30/1/2022).

Total pendapatan domestiknya menjadi 382,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,9 triliun. Secara keseluruhan, penghasilan dari sci-fi tersebut pada penayangan akhir pekan adalah lebih dari 445 juta dolar AS, menggeser Black Panther: Wakanda Forever sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi kedua tahun 2022 di box office AS.

Baca Juga

Sementara itu, Top Gun: Maverick tetap menjadi rilis domestik berpenghasilan tertinggi tahun 2022 dengan 718,7 juta dolar AS. Dilansir CBR, Senin (2/1/2023), sekuel Avatar diproyeksikan menghasilkan total 1 miliar dolar AS secara global pada tahun baru. Namun, itu berhasil dilampaui dengan hanya penayangan selama dua pekan di bioskop.

Dengan pendapatan kotor box office di seluruh dunia sebesar 1,1 miliar dolar AS, sekuel James Cameron ini berada di kisaran perolehan global Top Gun: Maverick sebesar 1,5 miliar dolar AS. Setelah meraup pendapatan global saat ini sebesar 762,8 juta dolar AS, Avatar: The Way of Water tampaknya sanggup melampaui pendapatan Maverick, yang mengakhiri penayangan internasionalnya dengan 770 juta dolar AS.

Sebelum dirilis di bioskop, Avatar: The Way of Water diproyeksikan akan menghasilkan 525 juta dolar AS di seluruh dunia, dengan perkiraan 175 juta dolar AS dari AS/Kanada dan 350 juta dolar AS secara internasional. Pada hari perdana di bioskop, Avatar: The Way of Water memperoleh 53 juta dolar AS, melampaui 27 juta dolar AS yang diraup pada penayangan perdana film pertamanya Avatar tahun 2009 dan menjadi pembukaan terbesar Cameron hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement