Ahad 01 Jan 2023 17:11 WIB

Ingin Hambat Laju Kebotakan? Kaum Adam Bisa Coba 5 Bahan Makanan Ini

Kebotakan terjadi akibat kombinasi faktor genetik dan efek hormon DHT.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pangeran William dan istrinya Kate Middleton. Pangeran William (40 tahun) mulai mengalami kebotakan sejak usianya masih 20 tahunan.
Foto:

Sebagai contoh, satu penelitian menemukan asam laurat atau zat yang ditemukan dalam minyak kelapa (bersama zat lain) memiliki efek pada enzim yang mengubah testosteron menjadi DHT. Namun, penelitian ini didasarkan pada model hewan, jadi hasilnya tidak boleh dilihat sebagai bukti otoritatif bahwa minyak kelapa menghambat DHT atau mencegah pola kebotakan pria.

"Beberapa penelitian menemukan minyak biji labu, minyak yang dihasilkan secara cold pressed dari biji labu, dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut," ujar Paik.

Satu proyek penelitian meminta responden pria yang memiliki pola kebotakan untuk menggunakan suplemen minyak biji labu selama 25 pekan. Hasilnya, responden mengalami peningkatan jumlah rambut rata-rata sebesar 40 persen.

"Sebagai perbandingan, pria yang menggunakan plasebo nonterapi hanya melihat 10 persen peningkatan jumlah rambut selama periode yang sama," kata Paik yang melayani pasien di platform telemedisin Hims.

Bahan lain yang patut dipertimbangkan dalam hal kerontokan rambut adalah teh hijau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement