Jumat 30 Dec 2022 00:17 WIB

Tips Membeli Barang Bermerek, Jangan Tertipu dengan Barang Palsu

Tips dalam membeli barang bermerek sangat penting agar tidak tertipu barang palsu.

Tas-tas bermerek di gerai Hermesien Closet. Tips dalam membeli barang bermerek sangat penting agar tidak tertipu barang palsu.
Foto: Istimewa
Tas-tas bermerek di gerai Hermesien Closet. Tips dalam membeli barang bermerek sangat penting agar tidak tertipu barang palsu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam berbelanja online sebuah barang. Pemilik salah satu butik yang menjual barang branded yang bermerk terkenal seperti Hermes, Dior, Chanel, Louis Vuitton, Balenciaga, dan Gucci, Angela dengan butiknya, Hermesien Closet membagikan tips berbelanja online yang aman agar tidak tertipu.

"Pertama, cek reputasi toko online. Sebelum kita membeli, ada baiknya kita sudah tahu dan riset tentang reputasi toko online yang ingin kita beli barangnya," kata Angela dalam rilisnya, Kamis (29/12/2022).

Seperti, apakah sudah official store atau sudah mendapat verifikasi dari sebuah e-commerce agar dapat dipercaya bahwa toko ini memang resmi. "Coba cek apakah toko online tersebut kedengarannya banyak kasus atau enggak, kalau bisa toko yang punya offline store lebih baik,” tutur Angela, pemilik butik yang berlokasi di Mall Artha Gading tersebut.

Kedua, kenali bentuk fisik barang. Ada perbedaan antara barang bermerek yang original dan yang palsu. Misalnya dari bentuk. Barang original memiliki bentuk atau shape yang bagus, tidak ada yang aneh seperti jahitan yang kurang rapi hingga bentuknya yang miring.

 

“Kalau dapat toko yang punya barang seperti itu, boleh lihat-lihat dulu saja, atau bisa cek ke toko yang lain,” ujar dia.

Ketiga, cermati harga. Jangan tergiur dengan barang yang terlalu murah dari harga toko asli. Barang bermerek tentunya memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya. Jika harganya setengah dari harga toko bisa dibilang masih wajar.

“Setengah atau tiga perempat dari harga toko itu masih wajar, tapi jika sudah satu perempat bedanya harga dari toko, itu patut dipertanyakan. Harganya sudah terlalu jauh dari harga pasar," kata dia.

Keempat, cek kode pada barang. Ada beberapa merk yang mempunyai kode yang bisa jadi patokan ini barang asli atau tiruan. Selain melihat kode, juga dapat mengecek langsung ke website resmi dari brand tersebut.

"Lihat apakah rentang harganya sama dengan apa yang kita lihat di website resmi dan toko online barang preloved," kata dia.

Dari 2010 hingga 2022 ini, lanjut dia, Hermesien Closet sudah banyak menjual dan menjadi pionir beli putus barang bermerek dengan merek Hermes, Dior, Chanel, Louis Vuitton, Balenciaga, Gucci, dan yang lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement