Senin 26 Dec 2022 13:05 WIB

Trik Bisa Tertidur dalam 2 Menit Ala Militer AS

Teknik tidur cepat viral di TikTok.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Tidur (ilustrasi)
Foto: Flickr
Tidur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesulitan untuk tidur di malam hari mungkin merupakan masalah yang pernah dialami oleh sebagian besar orang. Saat kesulitan ini datang melanda, sebuah trik tidur cepat dari militer AS bisa menjadi solusi.

Teknik tidur cepat ala militer AS ini memungkinkan seseorang untuk tertidur dalam dua menit setelah memejamkan mata. Teknik ini dijabarkan pertama kali oleh Lloyd Bud Winter melalui bukunya Relax and Win: Championship Performance pada 1981.

Baca Juga

Teknik tersebut kembali dipopulerkan oleh fitness coach dengan 1,7 juta pengikut di TikTok, Justin Agustin. Dengan cepat, teknik tidur cepat ini menjadi tren dan ditonton sebanyak lebih dari tujuh juta kali.

Untuk melakukan teknik tidur cepat ala militer AS ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkan tubuh sambil berbaring. Berikutnya, coba untuk merelaksasi dan mengistirahatkan setiap bagian tubuh secara sistematis, mulai dari kepala menuju kaki.

Relaksasi ini bisa dimulai dari otot-otot di bagian dahi. Setelah itu, proses relaksasi bisa dilanjutkan ke bagian mata, pipi, serta rahang. Selama melakukan relaksasi, usahakan pula untuk terus fokus dan mengatur napas.

"Kemudian semakin ke bawah ke area leher dan pundak Anda. Pastikan pundak Anda tidak dalam kondisi tegang, turunkan serendah mungkin dan kendurkan lengan di sisi tubuh Anda," jelas Agustin, seperti dilansir Men's Health.

Pada tahap ini, tubuh akan mulai merasakan sensasi hangat. Ketika sensasi ini sudah terasa, lanjutkan dengan menarik napas secara mendalam sekaligus merelaksasi area dada, perut, hingga paha, lutut, serta kaki. Setelah itu, coba bayangkan sensasi hangat muncul dari jantung menuju ke jari kaki.

"Penting untuk menjauhkan pikiran Anda dari stres (ketika melakukan teknik ini)," ujar Agustin.

Selain itu, saat melakukan teknik ini, coba bayangkan diri sendiri sedang berbaring di sebuah canoe yang dikelilingi oleh air danau nan jernih. Bisa juga membayangkan diri sendiri sedang berbaring santai di hammock di tengah suasana yang gelap. Bila pikiran terdistraksi, coba ulangi kalimat ini sebanyak 10 detik.

"Jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir," lanjut sang fitness coach.

Teknik ini perlu dilatih setiap hari selama enam pekan. Setelah latihan, seseorang biasanya akan mampu tertidur dengan cepat, yaitu sekitar dua detik setelah memejamkan mata. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement