Sabtu 24 Dec 2022 03:51 WIB

Kiat Penting yang Bisa Dilakukan untuk Dukung Kesehatan Mental Ibu

Kesehatan mental ibu akan berdampak pada kesejahteraan keluarga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Kebersamaan dengan anak ceria senang tertawa bersama keceriaan ibu bahagia (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Kebersamaan dengan anak ceria senang tertawa bersama keceriaan ibu bahagia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform parenting Orami menyoroti pentingnya para ibu senantiasa menjaga kesehatan mental. CEO Entrepreneur Solutions dan Founder Orami, Ferry Tenka, mengatakan bahwa jika kondisi kesehatan mental ibu selalu terjaga, tentunya akan berdampak pada kesejahteraan keluarga.  

"Kami percaya bahwa ibu memiliki peran strategis bagi perkembangan generasi selanjutnya, karena di mana pun, ibu adalah sosok penting bagi kemajuan peradaban suatu bangsa," kata Ferry melalui pernyataan resminya.

Baca Juga

Menurut Orami, cara ibu menjaga kesehatan mental yakni dengan memiliki waktu untuk diri ssendiri dan memiliki support system yang baik. Terdapat pula sejumlah hal lain yang dapat dilakukan untuk mendukung kesehatan mental ibu yang dapat dimulai dari diri sendiri, atau dilakukan suami, anak, orang tua, dan lingkungan sekitar.

Memiliki pola pikir tepat

Para ibu perlu menanamkan dalam benak bahwa mereka berhak memiliki waktu berkualitas dengan diri sendiri. Ibu boleh meminta dukungan dari suami dan keluarga dalam setiap hal, memulai hobi yang disenangi, dan mencoba terbuka untuk mendapatkan konsultasi soal kesehatan mental jika diperlukan.

Kesadaran suami

Suami idealnya dapat menghargai pasangan yang sudah menjadi ibu, membantunya dalam melakukan tanggung jawab pekerjaan rumah, serta menjadi sandaran hidup dan teman berbagi cerita bagi pasangan. Bagaimanapun, suami adalah sosok terdekat yang selalu diandalkan oleh istri.

Kepedulian anak

Anak dapat membantu ibu menjaga kesehatan mental dengan cara sesederhana mengikuti dan menghargai pendapat orang tua. Tentunya, orang tua berharap anak akan berbakti, juga sopan dalam berbicara atau bertindak dan mengutarakan pendapat kepada orang tua.

Apresiasi orang tua

Meski sudah menjadi ibu, seorang perempuan yang memiliki anak juga merupakan anak dari orang tuanya. Dukungan dari orang tua ibu amat diperlukan, utamanya dalam menghargai dan mendukung setiap keputusan terkait kepengasuhan dan urusan keluarga.

Dukungan lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar turut berperan menjaga kesehatan mental ibu dengan cara menghindari mengusik kehidupan pribadinya. Tidak perlu menyebarkan gosip atau berita bohong di lingkungan. Alih-alih demikian, berikan bantuan secara emosional dan bersikaplah terbuka jika dibutuhkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement