Jumat 23 Dec 2022 12:53 WIB

5 Cara Bantu Wujudkan Resolusi Tahun Baru

Pada bulan Februari, 80 persen orang menyerah pada resolusi mereka.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Tahun Baru/ilustrasi
Foto: EPA
Tahun Baru/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2022 hampir berakhir. Bagaimana Anda melalui satu tahun ini?

Menjelang tahun baru, biasanya banyak orang yang membuat resolusi. Dilansir dari psychology today pada Jumat (23/12/2022), salah satu tren yang menggembirakan adalah resolusi nomor satu yang dicari oleh orang dewasa usia Gen Z (18 sampai 25 tahun) untuk tahun depan adalah peningkatan kesehatan mental.

Baca Juga

 

Selain itu, banyak orang menggunakan media sosial untuk mengakses profesional kesehatan mental yang menawarkan nasihat tentang cara membuat perubahan hidup yang positif tahun depan. Gen Z bukanlah yang memicu tren ini. Orang dewasa dari segala usia sedang mencari strategi untuk meningkatkan rasa pemberdayaan diri dan kepuasan hidup secara keseluruhan.

 

Berikut lima cara untuk membantu mewujudkan tujuan tahun baru yaitu :

 

Ingatkan Diri Anda Tentang Tujuan yang Dicapai

 

Penting untuk mengingatkan diri sendiri tentang tujuan yang Anda tetapkan. 

 

Buat Daftar Tujuan Baru yang Ingin Anda Lakukan

 

Lihatlah hidup Anda dan tulis daftar bidang-bidang utama yang dirasa penting. Misalnya pekerjaan, sekolah, sosial, kesehatan, evolusi diri atau hobi. Anda perlu berkomitmen untuk membuat progres yang realistis di bidang tersebut.

Sabar

 

Lihatlah resolusi Anda sebagai pekerjaan yang sedang berjalan. Tentukan keterampilan khusus mana yang dapat Anda fokuskan untuk berkembang sepanjang tahun. Pada bulan Februari, 80 persen orang sudah menyerah pada resolusi mereka. Kembangkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk diri Anda sendiri. Pahami bahwa mencapai tujuan yang realistis bukanlah lari cepat, melainkan maraton.

 

Kerjakan Tugas secara Bertahap

 

Jika Anda memilih resolusi berbasis tugas, mulailah dengan tugas kecil yang dapat dikelola dan dikerjakan. Misalnya, jika tujuan Anda adalah meningkatkan frekuensi olahraga Anda, cobalah secara bertahap. Tetapkan hari, waktu, dan durasi.

Tambahkan satu hari lagi, atau gandakan, apapun yang menurut Anda dapat Anda kelola. Otak Anda akan menyesuaikan diri dengan tingkat kedisiplinan Anda dan membantu Anda menyelesaikan tugas dengan sukses.

 

Luangkan Waktu untuk Mengevaluasi Kemajuan

 

Cobalah untuk menambahkan refleksi pada kemajuan Anda dalam mencapai tujuan. Beri Anda waktu untuk mengevaluasi kemajuan Anda. Tetap terbuka dan fleksibel untuk menyesuaikan jika perlu. Ini akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement