Selasa 20 Dec 2022 22:45 WIB

4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Kitchen Set

Semakin besar ukuran kitchen set semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan

 Kitchen set merupakan bagian dapur paling penting karena terdiri dari kabinet bawah, kabinet atas, meja konter, dan rak dapur.
Foto: Ruparupa
Kitchen set merupakan bagian dapur paling penting karena terdiri dari kabinet bawah, kabinet atas, meja konter, dan rak dapur.

REPUBLIKA.CO.ID, Kitchen set merupakan bagian dapur paling penting karena terdiri dari kabinet bawah, kabinet atas, meja konter, dan rak dapur. Untuk itulah, membuat kitchen set tidak bisa sembarangan.

Ada banyak hal-hal yang perlu kamu perhitungkan, mulai dari desain, ukuran, sampai dengan material kitchen set. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

1. Ukuran kitchen set

Semakin besar ukuran kitchen set tentu semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengetahui ukuran kitchen set yang dibutuhkan, harus bisa mengukur luas dapur terlebih dulu. Namun, jika punya dapur dengan luas terbatas, lebih baik utamakan untuk membuat kabinet sebagai tempat penyimpanan alat-alat masak.

 

2. Material kabinet kitchen set

Berikutnya, yang harus diperhitungkan material kitchen set. Setiap material kitchen set tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Sebagai contoh, harga kitchen set kayu dengan lapisan HPL dapat mencapai Rp 1,9 juta untuk setiap meternya.

3. Kabinet dapur atas dan bawah

Kitchen set umumnya dilengkapi dengan kabinet atas dan bawah. Namun, utamakan kabinet bawah kalau memiliki dapur berukuran kecil. Tentu, biaya pembuatan kitchen set  tanpa kabinet atas akan jauh lebih terjangkau.

4. Bahan top table kitchen set

Ada berbagai jenis material top table kitchen set yang bisa kamu temukan, seperti kayu dan marmer. Setiap bahan tersebut mempunyai harga yang berbeda-beda.

Top table dari marmer umumnya tahan panas dan harganya bisa mencapai Rp 1,8 juta per meter. Di sisi lain, harga top table kayu per meternya hanya sekitar Rp 800 ribu-Rp 1,3 juta.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhitungkan saat akan membuat kitchen set. Berbagai model kitchen set bisa didapatkan hanya melalui laman ruparupa.com. Situs belanja online satu ini menawarkan harga rak besi, lemari, serta perabot lainnya dengan lebih terjangkau.

Tentunya, semua furnitur dan perlengkapan rumah tangga tersebut berasal dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Ataru, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement