Selasa 20 Dec 2022 00:51 WIB

Tips Jaga Kerapihan dan Keindahan Gigi Tanpa Pakai Kawat Gigi

Clean aligners jadi cara alternatif untuk merapikan gigi tanpa menggunakan kawat gigi

Aligners berfungsi untuk menjaga kerapihan dan keindahan gigi. Clean aligners jadi cara alternatif untuk merapikan gigi tanpa menggunakan kawat gigi
Foto: Istimewa
Aligners berfungsi untuk menjaga kerapihan dan keindahan gigi. Clean aligners jadi cara alternatif untuk merapikan gigi tanpa menggunakan kawat gigi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Sebuah studi menyimpulkan bahwa 73 persen orang merasa lebih bahagia, menarik, dan percaya diri dengan penampilan gigi yang rapi, rata, dan bersih. Hal ini berhubungan dengan senyuman yang indah dan memberikan kesan pertama yang positif bagi orang lain yang berinteraksi dengannya. 

Banyak orang yang ingin merapikan gigi dengan behel atau kawat gigi, namun sekarang ada teknologi kedokteran gigi terbaru bernama clear aligners. Clear aligners adalah alternatif dari kawat gigi tradisional dan dirancang untuk membantu merapikan gigi ke struktur yang lebih proporsional dengan cara yang lebih nyaman dan cepat.

Aligners terbuat dari bahan plastik bening Polyurethane yang kuat dan dibuat agar sesuai dengan kondisi gigi geligi masing-masing individu, tanpa kabel atau braket logam. Cara kerjanya menggunakan kekuatan bertahap untuk mengontrol pergerakan gigi hingga mencapai posisi yang tepat. 

Aligners ini bisa dipasang dan dilepas misal saat makan, sikat gigi, atau tidur. Aligners dipakai setidaknya 20 jam sehari untuk mencapai efektivitas maksimum yang diinginkan. 

Setiap aligner dipakai selama sekitar satu minggu sebelum berganti ke aligners tahap berikutnya. Biasanya, perawatan aligner bisa sesingkat 2 hingga 6 bulan namun tergantung pada tipe maloklusi gigi. Sedangkan, pemakaian behel lebih lama bisa mencapai 1-3 tahun untuk mendapat struktur gigi yang rapi. 

Dibanding dengan behel, penggunaan aligners tidak mengganggu kenyamanan saat bicara atau makan, serta tidak mengganggu penampilan karena warnanya transparan dan materialnya lebih nyaman untuk digunakan. Perawatannya juga lebih mudah dibandingkan dengan behel. 

Aligners adalah pilihan yang tepat untuk pasien yang ingin menghindari rasa tidak nyaman di mulut, sakit, dan sariawan selama beberapa pekan untuk memperbaiki struktur gigi.

Kini teknologi clear aligners juga sudah tiba di Indonesia, OneSmile merupakan sebuah brand clear aligners unggulan yang mengadopsi teknologi aligner Jerman dan USA buatan Indonesia. OneSmile membantu mewujudkan senyum indah dengan perawatan yang mudah dan tidak menyakitkan. 

“OneSmile bekerja sama dengan spesialis orthodontist clear aligner tercanggih di dunia untuk menghasilkan semua rencana perawatan Anda yang berbasis di AS dan Eropa. Rencana perawatan OneSmile lebih akurat sehingga perawatan Anda selesai lebih cepat karena orthodontist kami tahu cara menggerakan gigi dengan teknik paling akurat dari A ke B. Orthodontist kami sekarang telah merawat lebih dari 500 ribu pasien,” kata drg. Anna Retno, dokter gigi OneSmile dalam rilisnya, Senin (19/12/2022).

Pasien dapat menjadwalkan konsultasi dan melakukan scan secara gratis, lalu orthodontist akan membuat perencanaan perawatan gigi. Setelah disetujui, OneSmile akan memproduksi set aligners pasien.

OneSmile dapat memantau pergerakan gigi kamu 24 jam melalui aplikasi Dental Monitoring untuk memastikan bahwa perawatan berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

"Aligners OneSmile dibuat dari highest biocompatible medical PU (Polyurethane) yang bebas BPA and latex. Memungkinkan perawatan aligner lebih optimal dengan tingkat pergeseran gigi sebesar 0.25mm per aligner. Selain itu, PU juga lebih ramah lingkungan, memungkinkan untuk didaur ulang setelah pemakaian, dan menjadikan OneSmile salah satu perusahaan aligners di Indonesia yang peduli terhadap lingkungan," kata drg. Ivan Liwu, dokter gigi OneSmile. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement