Ahad 18 Dec 2022 07:12 WIB

Pilihan Cara Menghemat Uang yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Menghemat uang bukanlah hal yang mustahil dan bisa dilakukan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi perencanaan keuangan. Foto: Tahta Aidilla/Republika
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ilustrasi perencanaan keuangan. Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah kondisi tidak menentu, orang tua perlu melakukan penghematan agar kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dengan baik. Tidak dimungkiri bahwa mengasuh anak adalah salah satu tugas paling membahagiakan, tetapi juga hal yang mahal.

Orang tua mungkin pusing memenuhi kewajiban membiayai kebutuhan anak sambil membayar sejumlah tagihan rumah tangga serta masih memikirkan cara supaya bisa menabung. Nyatanya, menghemat uang bukanlah hal yang mustahil dengan beberapa cara berikut.

Baca Juga

 

Membuat anggaran realistis

Menetapkan anggaran adalah langkah terpenting yang dapat dilakukan. Kunci untuk menetapkan anggaran yang efektif bagi pemula adalah memastikannya tetap realistis. Tuliskan terlebih dahulu semua pendapatan dan pengeluaran bulanan, lalu cermati bagian yang dapat dipotong atau dikurangi.

 

Mengumpulkan dana darurat

Dana darurat merupakan sejumlah uang yang dapat diakses jika terjadi keadaan darurat keuangan, seperti jika kehilangan pekerjaan atau perlu membayar tagihan medis tidak terduga. Dana darurat bukan hanya untuk peristiwa bencana, tapi juga dapat berguna saat sangat membutuhkan uang tunai, termasuk memenuhi tenggat waktu pembayaran utang.

 

Punya rencana matang

Tetapkan pencapaian finansial keluarga yang hendak dituju dalam jangka pendek dan jangka panjang. Lalu buat rencana keuangan untuk mencapainya. Sebut saja pencapaian keuangan seperti membeli mobil baru atau berlibur bersama sekali atau dua kali setahun.  

Perlu diingat bahwa tujuan keuangan yang ditetapkan harus realistis dan sesuai dengan situasi serta kemampuan keluarga. Jika ingin menghemat uang, cari tahu hal yang bisa dilakukan untuk memiliki cukup uang ekstra setiap bulan.  

 

Cari pekerjaan sampingan

Cara mendapat uang tambahan bisa dengan mencari pekerjaan sampingan, tentunya yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Contoh pekerjaan sampingan yang bisa dilakoni seperti menulis lepas, menawarkan jasa penyuntingan, atau berjualan daring, dikutip dari laman Finance-Monthly, Sabtu (18/12).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement