Sabtu 17 Dec 2022 05:15 WIB

Salah Pilih, Pakai Make Up Malah Bisa Bikin Insecure

Penggunaan make up bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan berdandan (Ilustrasi). Penggunaan make up memang bisa membantu mendongkrak rasa percaya diri, namun kalau salah pilih malah bisa membuat insecure.
Foto: Boldsky
Perempuan berdandan (Ilustrasi). Penggunaan make up memang bisa membantu mendongkrak rasa percaya diri, namun kalau salah pilih malah bisa membuat insecure.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baik dengan maupun tanpa make up, setiap orang seharusnya bisa mencintai diri sendiri. Namun, dalam situasi tertentu, penggunaan make up atau riasan wajah bisa membawa manfaat tersendiri.

Menurut psikolog klinis Inez Kristanti, salah satu manfaat dari penggunaan make up adalah dapat menjadi sarana untuk berekspresi. Selain itu, penggunaan make up juga dapat meningkatkan penampilan seseorang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan masing-masing.

Baca Juga

"Semua versi kamu, dengan atau tanpa make up, sama-sama layak untuk disayang," kata Inez dalam surel yang diterima oleh Republika.co.id, dikutip Jumat (15/12/2022).

Penggunaan make up memang bisa membantu mendongkrak rasa percaya diri. Namun di sisi lain, pemilihan produk make up yang tak sesuai bisa membuat seseorang menjadi insecure alias tidak pede.

Berkaitan dengan hal ini, jenama kecantikan dan perawatan kulit lokal Somethinc memberikan tiga tips yang bisa membantu orang-orang tampil segar dan lebih percaya diri dengan make up. Berikut ini adalah ketiga tips tersebut.

1. Pakai cushion yang bisa tahan lama dan antigeser

Cushion bisa diandalkan sebagai dasar make up karena ringan dan praktis. Saat memilih cushion, pastikan warna (shade) yang dipilih sesuai dengan warna kulit. Pilih cushion yang buildable sehingga hasil pengaplikasiannya tak terlihat "dempul". Selain itu, pilih cushion yang breathable dan tidak mudah luntur agar nyaman beraktivitas seharian.

2. Sesuaikan warna bibir

Sering kali orang-orang merasa malas untuk menggunakan make up karena merasa tampilannya akan terlihat "berat". Padahal, make up yang sederhana juga bisa membuat tampilan terlihat memukau dan segar.

Salah satunya adalah dengan mengeksplorasi warna lip tint dan membuat tampilan warna bibir ombre. Meski hanya dengan lip tint, warna ombre di bibir dapat membuat tampilan menjadi lebih menarik.

Akan lebih baik bila memilih produk lip tint yang juga dapat merawat kesehatan kulit bibir, seperti produk lip tint yang mengandung formula squalane, sodium hyaluronate, niacinamide, dan vitamin C untuk menghidrasi sekaligus menjaga kesehatan bibir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement