Ahad 11 Dec 2022 12:44 WIB

Surat Militer Raja Henry VIII dan Tulisan Tangan Mozart akan Dilelang

Surat Raja Henry III diperkirakan bernilai 25 ribu hingga 35 ribu pound.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Seorang wanita melintasi alun-alun Mozart dengan patung Wolfgang Amadeus Mozart yang bercahaya di pusat kota Salzburg, Austria, 09 Desember 2020.
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Seorang wanita melintasi alun-alun Mozart dengan patung Wolfgang Amadeus Mozart yang bercahaya di pusat kota Salzburg, Austria, 09 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah surat militer dari Raja Henry VIII dan selembar musik yang ditulis tangan oleh Mozart  pada usia 17 tahun akan dijual. Benda bersejarah itu termasuk di antara banyak yang ditawarkan di penjualan "Valuable Books and Manuscripts" rumah lelang Christie di London pekan depan.

Surat tersebut ditulis pada Juli 1513, sebulan sebelum kemenangan Inggris di Battle of the Spurs. Tulisan Henry ini ditunjukan kepada letnan jenderalnya di Prancis, memintanya untuk merebut kota Therouanne dan merekrut tentara bayaran Jerman yang berjuang agar Prancis datang berperang kepada Inggris.

Baca Juga

Surat tersebut diperkirakan bernilai 25 ribu hingga 35 ribu pound. "Meskipun kami kadang-kadang melihat surat-surat Henry VIII muncul, yang sangat jarang tentang surat ini adalah surat kampanye, tentang perang, tentang strateginya," kata spesialis di departemen buku dan manuskrip di Christie's London Mark Wiltshire.

"Ini tentang dia sebagai sosok Machiavellian yang mencoba mencari cara terbaik untuk mengalahkan lawannya," ujarnya.

Selain itu, lelang yang berlangsung pada 14 Desember juga menawarkan manuskrip musik tulisan tangan Mozart pada 1773 ketika masih tinggal tinggal di Salzburg. Keberadaan musisi klasik itu di wilayah itu untuk merayakan kelulusan seorang teman keluarga dari universitas.

Lembaran partitur yang menampilkan 15 bar pembuka dari gerakan kedua Serenade in D major adalah sorotan di antara kumpulan kumpulan partitur lainnya. Terdapat lembaran musik milik dengan tanda tangan komposer Felix Mendelssohn, Hector Berlioz, dan Johannes Brahms yang juga akan dilelang.

Partitur itu diprediksi akan terjual senilai 80 ribu hingga 120 ribu pound. "Selalu ada kegembiraan luar biasa ketika hal seperti ini dari Mozart muncul," kata Wiltshire. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement