Kamis 08 Dec 2022 22:24 WIB

Sandiaga Uno Soroti Peluang Kolaborasi Ikon Budaya Pop dan Destinasi Wisata

Budaya populer dinilai bisa pengaruhi pariwisata.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah) menghadiri embukaan acara Pokémon Festival Jakarta di PIK Avenue, Jakarta Utara, Kamis (8/12/2022).
Foto:

Sandiaga menyoroti pula produk IP Pokémon yang berupa sejumlah jenis gim, yang ikut mendorong ekosistem gim Tanah Air. Dia menyampaikan, posisi industri gim Indonesia telah berkembang pesat, menyumbang dua juta dolar AS terhadap perekonomian Indonesia.

Saat ini, Indonesia juga menempati peringkat ke-16 pasar gim. Pada 2021, pemain gim di Indonesia tercatat melebihi angka 120 juta orang.

"Ini yang ditangkap dengan baik oleh AKG Entertainment," ujar Sandiaga.

AKG Entertainment adalah pemegang lisensi Pokémon di Indonesia yang menyelenggarakan Pokémon Festival Jakarta bersama The Pokémon Company. Pokémon Festival Jakarta yang dihelat mulai 8 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 menandai pertama kalinya event bertema Pokémon berlangsung dalam skala masif di Indonesia.

Menurut Sandiaga, tidak menutup kemungkinan Pokémon Festival bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Misalnya, setelah sukses berlangsung di Jakarta, nantinya festival bisa diselenggarakan di lima destinasi wisata superprioritas yang dimiliki Indonesia.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi obat rindu bagi penggemar Pokémon setelah usai pandemi Covid-19," kata Sandiaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement