REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyoroti peluang kolaborasi antara ikon budaya pop dan destinasi wisata. Menurut dia, pariwisata bisa kian menarik dengan kerja sama dengan karakter populer.
Sandiaga menyampaikan hal tersebut saat membuka secara resmi rangkaian acara Pokémon Festival Jakarta di PIK Avenue, Jakarta Utara, Kamis (8/12). Dia mengatakan, Pokémon yang merupakan kekayaan intelektual (IP) adalah bagian dari ekonomi kreatif.
"Pada 1996, Pokémon mulai dari game boy dan kini menjelma menjadi budaya pop, yang bisa sangat memengaruhi pariwisata. Kunjungan ke suatu destinasi wisata bisa didorong lewat kolaborasi dengan gim," kata Sandiaga.
Sandiaga mengapresiasi perkembangan IP Pokémon yang kini sudah memiliki produk yang tersebar luas, mulai dari gim kartu, gim pada ponsel, gim video, merchandise, serial animasi, hingga film layar lebar. Pikachu yang menjadi ikon utamanya pun sangat terkenal dan digemari.