Kamis 08 Dec 2022 00:20 WIB

Air Bawang Ramai Direkomendasikan untuk Obat Flu, Betul-Betul Manjur?

Video TikTok viral karena merekomendasikan minum air bawang untuk redakan flu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang bombai. Ramuan air bawang diklaim manjur untuk meredakan flu.
Foto:

Asisten profesor pediatri di University of California di San Francisco, Jason Nagata, setuju bahwa belum ada penelitian yang menunjukkan air bawang terbukti secara ilmiah meredakan pilek dan flu. Dia mengatakan, beberapa orang mungkin secara subjektif merasakan manfaat air bawang, tetapi belum tentu berlaku secara general.

Meski begitu, Nagata mengatakan tidak ada bahaya dari minum air bawang, kecuali jika seseorang alergi. Konsumsi bawang dalam jumlah sedang, baik dalam teh atau sebagai bahan masakan, umumnya aman dan tidak merugikan, selain efeknya terhadap napas yang menjadi kurang sedap.

photo
Infografis Resep Herbal Pereda Demam dan Batuk-Pilek - (Republika)

Tetap saja, Nagata mengingatkan agar tidak berlebihan. Mengonsumsi bawang mentah dalam jumlah besar dapat menyebabkan sakit perut atau mulas. Kontak yang sering pada kulit pun dapat menyebabkan iritasi atau memperburuk eksim bagi pengidapnya.

Nagata menyebut, pengobatan rumahan dari bahan alami tidak selalu "lebih aman" hanya karena berbahan natural. Saat mengalami gejala pilek atau flu, Nagata menyarankan agar tetap terhidrasi.

"Secara umum, cairan dapat membantu. Tidak perlu ada bawang di dalamnya," ujar Nagata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement