Rabu 07 Dec 2022 23:43 WIB

13 Tips Menghadapi Ujian Semester Biar Gak Remedial

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi ujian semester

Salah satu tantangan bagi seorang pelajar adalah saat ujian semester tiba, entah itu Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS).
Foto:

Akan tetapi, bukan berarti kamu gak boleh memegang gadget sama sekali, ya! Kamu masih boleh mengakses gadget selama tujuannya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, contohnya mengakses materi atau untuk mendengarkan musik sembari belajar.

Apalagi di zaman sekarang ini, informasi seputar ujian semester pasti akan dibagikan melalui group chat yang mau tidak mau harus kamu akses dari gadget kalau gak mau ketinggalan info. Jadi, solusi terbaiknya adalah dengan membatasi waktu kamu ketika berada di depan layar. Disarankan kamu untuk maksimal mengakses gadget sekitar dua jam saja per harinya.

7. Hindari Multitasking

photo
Belajar untuk menghadapi ujian tidak boleh dilakukan secara multitasking. - (Antoni Shkraba via Pexels)
 

Belajar memerlukan fokus tinggi. Maka dari itu, tips menghadapi UTS selanjutnya adalah dengan belajar secara fokus, yakni tanpa dibarengi kegiatan lain. Contohnya adalah belajar sampil menonton film, scroll timeline sosmed, dan lain-lain. Bahkan, kamu tidak direkomendasikan untuk memelajari dua materi pelajaran sekaligus. Meskipun kedengarannya bakal lebih efektif secara waktu, namun kenyataannya metode tersebut tidak efektif dalam penyerapan materi.

8. Tips Menghadapi UTS dengan Memperbanyak Latihan Soal

Tips menghadapi ujian tengah semester selanjutnya adalah dengan memperbanyak latihan soal. Hal ini dikarenakan materi yang telah kamu pelajari akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan latihan soal.

Pasalnya, latihan soal juga dapat menjadi sebuah tolak ukur apakah kamu sudah benar-benar menguasai materi tersebut atau belum. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai insight mengenai penerapan materi tersebut terhadap berbagai tipe soal yang berbeda. Bahkan, gak jarang soal yang pernah kamu kerjakan akan keluar lagi saat ujian, lho!

9. Hindari Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Tips belajar menghadapi ujian semester selanjutnya adalah dengan mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari sistem belajar kebut semalam. Alasan utamanya adalah kamu tak mungkin bisa menangkap semua materi dalam jangka waktu sependek itu.

Selain itu, kesehatan kamu juga dipertaruhkan jika terus-menerus begadang untuk belajar. Nantinya fokus kamu justru akan terganggu saat ujian berlangsung karena terserang rasa kantuk yang luar biasa. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu mengamalkan metode belajar 1% setiap harinya.

10. Tips Menghadapi Ujian dengan Menjaga Kesehatan

photo
Kondisi kesehatan tubuh harus dijaga untuk menghadapi ujian semester. - (Andrea Piacquadio via Pexels)
 

Salah satu tips menghadapi ujian tengah semester yang paling penting adalah menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan fit. Tentunya kamu tidak ingin melewatkan ujian karena sakit, bukan? Maka dari itu, penting juga untuk menjaga kesehatan sebelum menghadapi ujian. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Menghindari begadang hingga larut malam
  • Istirahat yang cukup
  • Menjaga pola makan
  • Senantiasa berpikir positif
  • Rutin berolahraga

11. Cara Menghadapi Ujian: Hindari SKS

Apakah kamu familiar dengan istilah SKS? Yup, sistem kebut semalam. Kamu bisa menghindari sistem belajar yang satu ini. Belajarlah dari jauh-jauh hari karena pastinya akan selalu ada kisi-kisi materi soal. Kamu juga perlu memanajemen waktu yang baik, jadi kamu tahu kapan waktu terbaik untuk belajar dan istirahat.

12. Jangan Sungkan Bertanya

Jangan pernah sungkan untuk bertanya bila kamu mendapati materi yang tidak kamu kuasai. Kamu bisa bertanya kepada teman atau bahkan guru. Apabila kamu sungkan bertanya, kamu hanya akan larut dalam kebingunganmu sendiri.

13. Tips Menghadapi Ujian Semester dengan Membuat To-do list

Tips menghadapi ujian semester terakhir adalah dengan membuat catatan mengenai hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan atau to-do list. Contohnya adalah dengan menyusun daftar materi yang perlu kamu pelajari atau hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum menghadapi ujian semester. Disarankan untuk membuatnya dengan aplikasi DoCheck.

By the way, DoCheck merupakan social to do list app yang memungkinkan kamu untuk mengundang teman-temanmu untuk berkolaborasi, entah itu untuk saling membagi tugas maupun untuk bertukar komentar. Seru banget, kan? Yuk, langsung download aplikasinya di Play Store atau App Store secara gratis!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement