Senin 05 Dec 2022 00:20 WIB

Ribuan Orang yang Sudah Tiga Kali Divaksinasi Laporkan Gejala Covid-19 yang Mengganggu

Gejala Covid-19 telah berubah selama dua tahu pandemi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit tenggorokan (ilustrasi). Sakit tenggorokan termasuk salah satu gejala yang dikeluhkan orang yang sudah mendapatkan dosis booster ketika kena Covid-19.
Foto:

Sementara itu, studi ZOE Health, yang mengumpulkan laporan dari pasien Covid-19 melalui aplikasi seluler, menemukan bahwa sakit tenggorokan adalah gejala yang paling umum untuk orang yang sepenuhnya divaksinasi. Gejala umum lainnya termasuk sakit tenggorokan, pilek, hidung mampet, batuk, dan sakit kepala.

Profesor Paul Elliott selaku Direktur Program React, mengatakan bahwa penelitian ini telah menunjukkan bahwa gejala Covid-19 telah berubah selama dua tahun pandemi karena varian virus yang berbeda telah menjadi dominan.

"Ini bertentangan dengan latar belakang perubahan kekebalan dari infeksi dan vaksinasi sebelumnya. Memahami profil gejala yang berubah ini dapat membantu dalam mengidentifikasi individu yang berisiko lebih tinggi dari penularan virus," kata Prof Elliot.

Gejala Covid-19 teratas bagi individu yang tidak divaksinasi, merujuk Zoe Health, meliputi sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, demam, dan batuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement