Rabu 30 Nov 2022 00:30 WIB

5 Cara yang Terbukti Ampuh Lawan Pilek dan Flu Musiman

Pilek dan flu merupakan dua penyakit pernapasan yang menular dan berbeda.

Penderita flu (ilustrasi). Flu dan pilek bisa memunculkan gejala yang mirip.
Foto:

Mandi air hangat, hidrasi, dan olahraga ringan

Gejala hidung beringus atau tersumbat bisa diredakan dengan mandi air hangat. Kelembapan dan suhu hangat saat mandi air hangat bisa memberikan kelegaan pada hidung.

photo
Cara meredakan pilek. - (Republika)

Menjaga hidrasi yang cukup juga penting selama masa pemulihan pilek atau flu. Hal ini penting diperhatikan karena ada cukup banyak keringat yang keluar saat seseorang demam. Kecukupan hidrasi ini bisa dicapai lewat konsumsi cairan yang hangat, seperti air putih hangat atau sup hangat.

Hal lain yang baik untuk dilakukan adalah berolahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar kompleks. Olahraga seperti ini bisa meringankan keluhan hidung tersumbat. Akan tetapi, olahraga ringan hanya disarankan untuk orang-orang dengan gejala flu atau pilek yang relatif ringan.

Jaga protokol kesehatan

Untuk mencegah terjadinya penularan, ada beberapa upaya yang juga penting untuk dilakukan. Sebagian di antaranya adalah menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun, serta menjaga jarak fisik dari orang lain, khususnya orang yang tampak menunjukkan gejala batuk serta bersin.

"Bila Anda sendiri yang sakit, tolong, tahan diri untuk tidak pergi ke pesta, karena Anda akan menularkan (penyakit)," jelas Dr William Schaffner.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement