Rabu 23 Nov 2022 06:40 WIB

Kolesterol Tinggi Picu Komplikasi, Gangguan Ini yang Pertama Kali Terasa

Ada empat tanda peringatan yang terasa ketika kolesterol tinggi picu komplikasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (ilustrasi). Penyakit arteri perifer merupakan salah satu komplikasi kolesterol tinggi yang menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah dan membuat aliran darah ke kaki berkurang.
Foto:

Agar bisa mengenali kolesterol tinggi lebih awal dan mencegah PAD, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah skrining. Skrining ini dapat dilakukan melalui tes darah untuk mengecek kadar kolesterol.

Bila dari tes ini ditemukan adanya masalah kolesterol tinggi, dokter bisa memberikan beberapa opsi terapi pengobatan. Sebagian di antaranya adalah modifikasi gaya hidup, seperti memperbaiki pola makan dan konsumsi obat statin.

Pengaturan pola makan yang dianjurkan untuk pengidap kolesterol tinggi adalah pola makan yang rendah lemak jenuh, seperti dengan menghindari keju, mentega, sosis, dan biskuit. Selain itu, sangat dianjurkan pula untuk meningkatkan asupan serat larut.

Modifikasi gaya hidup lain yang baik untuk dilakukan adalah menghindari rokok dan alkohol. Orang-orang yang bermasalah dengan kolesterol tinggi juga sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement