Jumat 18 Nov 2022 16:28 WIB

Sembilan Cara Belajar Efektif di Rumah Buat Kamu yang Supersibuk

Aplikasi DoCheck dapat digunakan untuk menyusun strategi belajar dan rencana kegiatan

Ada banyak cara belajar efektif di rumah, seperti menentukan gaya belajar dan waktu yang tepat, serta menghindari multitasking.
Foto:

5. Tips Belajar Efektif di Rumah dengan Memilih Waktu Belajar yang Tepat

photo
Menentukan waktu belajar yang tepat juga merupakan cara efektif belajar di rumah. - (Unsplash)
 

Pembelajaran di rumah kerap kali tidak efektif karena keterbatasan waktu. Terutama jika kamu sudah berkegiatan selama seharian penuh, maka otomatis ketika sedang belajar di rumah, kamu akan kehilangan fokus karena tubuh perlu diistirahatkan. Maka dari itu, tips belajar efektif di rumah selanjutnya adalah menentukan waktu belajar yang tepat. Namun, kapan waktu pembelajaran yang efektif ketika di rumah? Untuk kamu yang masih sibuk sekolah ataupun kuliah, berikut adalah beberapa waktu pembelajaran yang efektif ketika sedang berada di rumah.

Waktu Subuh atau pagi-pagi buta, yakni sekitar pukul 3-5 pagi. Alasannya adalah karena jam-jam di waktu tersebut biasanya tidak terdapat banyak distraksi dan keadaan otak kamu pun masih fresh karena baru bangun.

Pukul 6-8 malam. Alasannya adalah meskipun badan kamu capek karena sudah beraktivitas seharian, namun sebenarnya badan kamu masih menyisakan energi di rentang waktu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa langsung beristirahat apabila sudah kelelahan setelahnya.

6. Perhatikan Kualitas dan Kuantitas

Ketika sedang belajar berada di rumah, kamu agak lebih leluasa untuk pause and go. Maksudnya, kamu boleh berhenti terlebih dahulu apabila sudah lelah dan tak bisa fokus. Salah satu metode belajar efektif adalah dengan memperhatikan antara kualitas dan kuantitas. Percuma apabila kamu menghadap buku pelajaran seharian, tapi tak ada lagi yang dapat kamu mengerti, bukan? Lagian, kalau memang fokus kamu sudah turun, lebih baik jangan paksakan untuk terus belajar. Bahkan, berbagai sumber mengatakan bahwa rentang waktu belajar terbaik apabila mempertimbangkan daya otak hanya berkisar pada sekitar 30-60 menit saja.

Mumpung berada di rumah, kamu bisa beristirahat sejenak. Bahkan, kamu bisa melakukan apa pun selama beberapa waktu untuk menjernihkan pikiran kamu, seperti bermain game, menonton film, dan lain-lain. Metode ini juga merupakan bagian dari cara belajar efektif dan menyenangkan di rumah.

7. Cara Efektif Belajar di Rumah dengan Meminimalkan Penggunaan Gadget

Tips dan cara belajar efektif di rumah selanjutnya adalah mengurangi penggunaan gadget. Kamu pasti setuju bukan, kalau salah satu hal yang bikin kamu gagal fokus saat belajar di rumah adalah gadget. Ketika berada di sekolah atau kampus, kamu cenderung tidak memedulikan gadget karena ada dosen dan guru yang mengawasi gerak-gerikmu. Namun, saat berada di rumah, kamu akan lalai dan terus membagi fokus antara belajar dan gadget.

Saat berada di rumah, kamu akan lalai dan terus membagi fokus antara belajar dan gadget. Memang benar, jika penggunaan gadget saat belajar itu diperbolehkan. Apalagi, saat kamu menemui kebuntuan dan ingin mencari materi dan jawaban dari pertanyaan yang muncul dalam pikiranmu. Namun, kamu perlu memiliki komitmen kuat untuk tidak terlalu sering memeriksa notifikasi, apalagi sampai abai dengan belajar dengan scroll sosmed dan bermain game di tengah waktu belajar.

8. Hindari Melakukan Multitasking

photo
Menghindari multitasking merupakan salah satu tips belajar efektif di rumah. - (Pexels)
 

Belajar efektif adalah kondisi di mana kamu dapat mengerahkan segenap fokus dan konsentrasi dalam satu waktu untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Nah, dari poin tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang efektif sangat memerlukan fokus. Jadi, kamu tidak bisa melakukan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan. Misalnya, belajar sambil menonton film, mempelajari dua mata pelajaran sekaligus, dan lain-lain.

Mungkin kamu beranggapan bahwa multitasking dapat mengatasi masalah karena dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Namun, sebenarnya nggak juga, lho! Kamu justru akan merasa pusing tujuh keliling karena terus-menerus mengalihkan fokus dari pekerjaan yang satu ke yang lainnya.

Ketimbang memaksakan diri untuk multitasking,  tips dan cara belajar efektif di rumah adalah berhenti melakukan multitasking. Soalnya, akan lebih baik jika kamu mengalokasikan fokus untuk melakukan salah satunya terlebih dahulu. Setelah itu, baru lanjut melakukan pekerjaan yang lain. Biar lebih efektif, kamu dapat mengatur waktu berdasarkan prioritasnya.

9. Tips Belajar Efektif di Rumah dengan Menjaga Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh, mencakup kebugaran dan kesehatan, sangat berpengaruh jika kamu ingin menerapkan tips dan cara belajar efektif di rumah. Pasalnya, jika kamu terlalu kelelahan beraktivitas seharian, kamu tidak akan bisa fokus. Bahkan, kamu akan cenderung mengantuk saat membuka buku pelajaran. Maka dari itu, kamu perlu menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar supaya mampu mencerna pelajaran dengan baik. Apabila kamu ingin meningkatkan fokus dan kreativitas, cobalah untuk melakukan gerakan senam otak secara rutin.

Sekarang kamu sudah lebih paham tentang apa itu belajar efektif dan bagaimana cara belajar di rumah yang efektif, bukan? Nah, biar pengalaman belajar kamu makin meningkat dan tentunya menyenangkan, coba pakai aplikasi DoCheck, deh! By the way, DoCheck merupakan aplikasi social to-do list pertama di Indonesia, lho. Kamu bisa menyusun strategi belajar maupun rencana kegiatan ala kamu sendiri dengan aplikasi DoCheck. Bahkan, kamu bisa terus memantau progress yang telah dilakukan dengan adanya fitur progress bar.

Selain itu, kamu juga mengundang teman kamu untuk bekerja sama dalam merampungkan tasks maupun goals. Cocok banget buat kamu yang lagi ada tugas kelompok, kan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement