Rabu 16 Nov 2022 00:55 WIB

Gitar Pecah Kurt Cobain dari Tur Pertama Nirvana Terjual Rp 7,5 Miliar

Fender Mustang 1973 yang sudah pecah milik mendiang Kurt Cobain terjual Rp7,5 miliar

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.
Foto: Time.com
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Fender Mustang 1973 yang sudah pecah milik mendiang Kurt Cobain terjual dengan harga fantastis dalam lelang yang digelar Julien’s Auctions di Hard Rock Café New York. Gitar yang digunakan pada tur pertama band grunge Nirvana itu laku seharga 486.400 dolar AS atau sekitar Rp 7,5 miliar, dua kali lipat dari harga perkiraan awal.

Cobain memainkan Fender Mustang itu di dua pertunjukan selama tur AS Nirvana pada tahun 1989: pertunjukan 8 Juli di Club Dreamerz di Chicago dan pertunjukan 9 Juli di Sonic Temple di Wilkinsburg, Pennsylvania. Dia memecahkan gitar tersebut di akhir pertunjukan Wilkinsburg.

Setelah konser di Wilkinsburg, Nirvana bertabrakan dengan Sluggo Cawley dari band Boston Hullabaloo. Di sinilah Cobain berinisiatif untuk membenarkan gitar milik Cawley yang sama-sama pecah. Namun pada akhirnya Cawley lebih setuju untuk menukar gitar keduanya.

Cobain pun sepakat dan menuliskan kata-kata untuk Cawley di badan gitar Mustang miliknya. “Yo Sluggo, terima kasih atas transaksi ini! Jika itu ilegal untuk Rock and Roll, bawa aku ke penjara,” seloroh Cobain dalam tulisannya seperti dilansir dari NME, Selasa (15/11/2022).

Cawley mengingat kisah itu dalam sebuah wawancara tahun 2020 dengan Innocent. “Kurt bertanya kepadaku apakah dia bisa memiliki Gibson SG-ku yang pecah. Aku jawab ‘tentu, tapi itu artinya aku kehilangan gitar itu’. Lalu Kurt datang kembali dengan membawa Mustang miliknya yang pecah, aku pun memintanya untuk menandatangani gitar itu,” kata dia.

Fender Mustang sebelumnya dipamerkan di Experience Music Project di Seattle antara tahun 2007 dan 2008.

Dalam berita lain, lagu Inggris yang paling banyak diputar setiap tahun dari 1952 hingga 2022 diungkap sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-70 UK Singles Chart. Lagu “Smells Like Teen Spirit” Nirvana (1991), “Wonderwall” Oasis (1995), dan “Creep” Radiohead (1992) termasuk dalam daftar tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement