Selasa 15 Nov 2022 19:13 WIB

Legenda K-Pop Cho Yong-pil Comeback Setelah Sembilan Tahun

Cho Yong-pil comeback dengan single barunya 'Road to 20-Prelude 1'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Cho Yong-pil comeback dengan single barunya 'Road to 20-Prelude 1'.
Foto: Youtube
Cho Yong-pil comeback dengan single barunya 'Road to 20-Prelude 1'.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Legenda penyanyi K-pop, Cho Yong-pil bersiap comeback pada pekan ini. Ini akan menjadi comeback pertama figur penting dalam musik pop Korea setelah sembilan tahun.

“Penyanyi berusia 72 tahun itu akan merilis single baru berjudul "Road to 20-Prelude 1" pada Jumat pukul 18.00 waktu Korea,” kata agensinya, YPC Company dilansir Yonhap News, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga

Agensi berbagi penyanyi kelahiran 21 Maret 1950 itu menggoda cuplikan dari rilis yang akan datang di saluran YouTube resminya. Video teaser berdurasi 30 detik itu menunjukkan judul bahasa Korea dari dua lagu yang akan dimasukkan ke dalam album, yang secara kasar diterjemahkan sebagai "Moment" dan "Like Serengeti", bersama dengan tanggal dan jam perilisannya.

Rilisan terakhir legenda K-pop ini adalah album penuh ke-19, Hello pada 2013. Lagu “Bounce" dan "Hello" dari album itu menaklukkan sejumlah tangga lagu, yang menyingkirkan bintang K-pop muda seperti Psy dengan "Gangnam Style”.

“Ini akan dirilis sebagai album tunggal, yang belum pernah dia coba sebelumnya," ujar agensi dalam video itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang rilis mendatang.

Cho Yong-pil memulai debutnya sebagai anggota band rock Atkins pada 1968. Setelah bekerja selama satu dekade di beberapa band, termasuk Kim Trio, Cho memulai debutnya sebagai artis solo dengan single hit "Come Back to Busan Port" pada 1976.

Cho menjadi bintang melalui album full-length pertamanya dengan lagu-lagu hit, seperti "A Girl Outside the Window" dan "Short Hair Girl”, yang terjual satu juta kopi untuk pertama kalinya dalam sejarah K-pop pada 1980. Cho telah mempertahankan supremasi selama 50 tahun karirnya, merilis 19 album studio dengan lagu-lagu terkenal seperti "Candle Light”, "Dream”, dan "Leopard of Kilimanjaro”.

Cho juga banyak menyapu penghargaan dan membuat banyak rekor di musik. Cho akan menggelar empat konser di Seoul pada 26-27 November 2022 dan 3-4 Desember 2022. Total 40 ribu tiket pertunjukan terjual habis, setelah 30 menit mulai pemesanan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement