Senin 14 Nov 2022 11:24 WIB

5 Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Sensitif

Memilih facial wash tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan tipe kulit

YOU Amino Low pH Cleansing Mousse memiliki kandungan lima kali ceramides dan amino acid complex.
Foto: YOU
YOU Amino Low pH Cleansing Mousse memiliki kandungan lima kali ceramides dan amino acid complex.

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami banyak orang. Masalah ini bisa diatasi dengan pemakaian tahapan skincare yang benar. Salah satunya menggunakan facial wash untuk kulit sensitif.

Facial wash sendiri merupakan sabun cuci muka untuk membersihkan wajah yang diberikan formula khusus untuk membersihkan, melembabkan kulit, dan menenangkan kulit. Facial wash memiliki bentuk cair dan gel yang dapat membuat kulit terlihat lebih sehat dan cerah.

Memilih facial wash untuk wajah tentunya tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan tipe kulit kita. Terutama untuk pemilik kulit sensitif harus lebih selektif dalam memilih facial wash yang cocok dan baik untuk wajah.

Oleh karenanya, sebelum Anda memutuskan membeli facial wash untuk kulit sensitif dan mudah berjerawat. Simak ulasan tentang jenis-jenis kulit berikut ini.

 

Jenis-jenis kulit wajah:

1. Kulit wajah normal

Pemilik jenis kulit wajah normal memiliki jumlah kandungan air dan dan minyak lebih stabil sehingga jenis kulit ini tidak terlalu berminyak dan kering. Biasanya, jenis kulit wajah normal jarang memiliki masalah kulit, seperti jerawat, sensitif, masalah pori-pori, dan terlihat bercahaya. Itulah kenapa orang yang memiliki jenis kulit wajah normal mudah melakukan perawatan wajah tanpa produk khusus.

2. Kulit wajah sensitif

Berbeda dengan jenis kulit wajah normal, kulit sensitif cenderung lebih peka dan sering sekali mengalami masalah kulit. Beragam masalah kulit sensitif yang sering dialami adalah jerawat, alergi, ruam, dan iritasi karena beberapa faktor makanan, lingkungan atau produk kosmetik. Jenis kulit wajah sensitif akan lebih mudah mengalami kemerahan, gatal, kering, terkelupas, dan breakout.

3. Kulit wajah kering

Selanjutnya, ada jenis kulit wajah kering yang terjadi karena rendahnya tingkat kelembaban lapisan kulit bagian luar. Tentu hal ini akan membuat kulit wajah menjadi kering sehingga mudah pecah-pecah dan adanya keretakan pada permukaan kulit.

Kulit wajah kering umumnya memiliki pori-pori kulit yang tak terlihat, kulit wajah terlihat kusam dan kasar, serta kulit wajah menjadi tidak elastis. Selain itu, jenis kulit ini juga jadi lebih mudah meradang, gatal, memerah, bahkan bersisik.

4. Kulit wajah berminyak

Pemilik wajah berminyak memiliki jenis kulit yang mengkilap dan licin karena produk minyak wajah yang berlebih. Minyak wajah atau sebum dihasilkan karena adanya kelenjar minyak atau sebaceous yang terlalu over produksi pada bagian bawah permukaan wajah.

Jenis kulit ini cenderung mengalami masalah kulit pori-pori tersumbat, berminyak, hingga mudah mengalami jerawat. Penyebab jerawat pada kulit berminyak ini disebabkan karena produksi sebum yang tinggi dan dipengaruhi oleh stress, perubahan hormon, dan faktor genetik.

5. Kulit wajah kombinasi

Terakhir ada jenis kulit kombinasi yang merupakan perpaduan antara kulit kering dan berminyak pada wajah. Pemilik jenis kulit wajah kombinasi umumnya memiliki kulit berminyak di daerah T-Zone atau dagu, dahi, dan hidung. Sementara kulit keringnya berada di area pipi Jenis kulit wajah kombinasi dipengaruhi oleh peningkatan hormon dan faktor genetik.

Facial wash untuk kulit sensitif

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis kulit pada wajah, itu berarti Anda sudah mengetahui jenis dan produk facial wash apa saja yang cocok untuk kulit wajah. Oleh karenanya, Anda bisa memilih beberapa rekomendasi facial wash untuk kulit sensitif berikut ini.

1. YOU Amino Low pH Cleansing Mousse

Kulit sensitif disarankan untuk menggunakan facial wash yang memiliki kandungan pH rendah. Oleh sebab itu, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse bisa menjadi pilihan terbaik.

Selain pH yang rendah, produk facial wash terbaik ini tidak akan membuat kulit wajah Anda terasa kaku ketika memakainya. Sebab, produk ini memiliki efek melembabkan dan diklaim mampu memperkuat skin barrier.

Ini karena YOU Amino Low pH Cleansing Mousse memiliki kandungan lima kali ceramides dan amino acid complex. Terdapat juga kandungan centella asiatica yang memang bagus untuk mengatasi jerawat dan kesehatan wajah.

Menariknya dari produk YOU Amino Low pH Cleansing Mousse adalah cara penggunaannya yang sangat mudah karena busa yang dihasilkan membuat lebih cepat bersih, tidak licin di kulit, dan sangat lembut.

Anda bisa menemukan produk ini di berbagai marketplace terpercaya dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp 128 ribu.

2. Evershine Moringa Facial Wash

Bagi Anda yang lebih menyukai produk facial wash dengan busa sedikit, Evershine Moringa Facial Wash bisa menjadi pilihan selanjutnya. Facial wash untuk kulit sensitif ini terbuat dari ekstrak daun moringa yang mampu menangkal radikal bebas.

Facial wash dari produk Evershine ini memilih pH seimbang sehingga aman untuk kulit sensitif. Selain itu, sabun cuci muka ini juga mampu menjaga keseimbangan minyak dan air alami di wajah. Facial wash ini digunakan saat pagi dan malam serta dijamin tidak akan membuat kulit kering.

Untuk mendapatkan sabun cuci muka terbaik ini, Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp 129 ribu.

3. Innisfree Bija Trouble Facial Foam

Rekomendasi facial wash untuk kulit sensitif terbaik berikutnya jatuh pada Innisfree Bija Trouble Facial Foam. Pasalnya, tak hanya mampu merawat kulit yang sensitif, produk buatan Innisfree ini juga dapat meredakan jerawat di wajah.

Sabun cuci muka untuk kulit sensitif ini diperkaya dengan kandungan minyak biji yang berfungsi untuk menutrisi dan meningkatkan pertahanan serta melindungi kulit dari zat kimia.

Selain itu, facial wash ini juga dilengkapi dengan kandungan asam salisilat yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan membersihkan wajah sampai ke pori-pori. Innisfree Bija Trouble Facial Foam ini non comedogenic dan Anda bisa membelinya dengan harga Rp 122 ribu.

4. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan salah satu produk facial wash yang populer dan terbukti ampuh melindungi kulit sensitif. Ini karena facial wash dari Cetaphil telah teruji secara dermatologi dan memiliki kandungan hypoallergenic yang memang cocok untuk kulit sensitif.

Selain kulit sensitif, facial wash dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser aman dan dapat digunakan untuk jenis kulit berjerawat, kulit kering, kombinasi, hingga normal. Produk ini memiliki formula yang lembut dan efektif untuk membersihkan serta melembabkan wajah.

Sabun cuci muka untuk kulit sensitif ini juga diklaim tidak akan membuat wajah kering karena memiliki pH yang seimbang serta tidak mengandung busa berlebih. Untuk mendapatkan produk ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 92 ribu.

5. Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash 100% Soap Free Gel

Meski memiliki jenis kulit wajah sensitif dan mudah berjerawat, bukan berarti Anda membiarkan wajah jadi kusam. Dengan menggunakan facial wash dari Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash 100% Soap Free Gel wajah akan terasa lebih cerah.

Produk facial wash untuk kulit sensitif ini tidak mengandung sabun, pewarna, dan pewangi sehingga kulit sensitif akan terhindar dari iritasi atau alergi. Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan pro vitamin B dan purified water yang dapat memelihara kulit menjadi lebih sehat. Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash 100% Soap Free Gel dibanderol dengan harga sekitar Rp 59 ribu.

Itu dia beberapa rekomendasi facial wash untuk kulit terbaik yang bisa kamu pakai. Sebelum menggunakan facial wash, pastikan Anda tahu jenis kulit apa yang Anda miliki.

Selain itu, gunakan facial wash untuk kulit sensitif ini sebanyak dua kali sehari agar hasilnya maksimal, ya. Selamat mencoba!

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement