Kamis 10 Nov 2022 16:37 WIB

Kenali Gejala Strok Lewat 5 Tanda Fisik yang Terangkum dalam BE FAST Berikut Ini

Gejala strok bisa dikenali melalui tanda-tanda fisik yang tak biasa

Stroke (ilustrasi). Gejala strok bisa dikenali melalui tanda-tanda fisik yang tak biasa
Foto: Pixabay
Stroke (ilustrasi). Gejala strok bisa dikenali melalui tanda-tanda fisik yang tak biasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dokter spesialis bedah saraf dr Affan Priyambodo, SpBS(K) mengatakan sakit kepala hebat yang terjadi secara tiba-tiba bisa jadi merupakan gejala dari serangan strok.

"Gangguan keseimbangan atau sakit kepala tiba-tiba, jadi tiba-tiba jatuh misalkan, atau pusing tiba-tiba," kata Affan Priyambodo dalam webinar HUT ke-103 RSCM bertajuk "Pengobatan Strok Sumbatan Terkini: Time is Brain", Jakarta, Rabu (10/11/2022).

Baca Juga

Affan menambahkan, gejala serangan strok selalu terjadi secara tiba-tiba dan bukan merupakan sesuatu yang telah berlangsung lama.

"Serangan strok itu tiba-tiba, jadi bukan yang berlangsung lama. Kejadiannya tiba-tiba," katanya.

 

Dia menjelaskan untuk memudahkan masyarakat mengenali gejala strok, yaitu dengan memahami singkatan BE FAST yang memiliki kepanjangan Balance, Eye, Face, Arm, Speech, dan Time.

Balance adalah gangguan keseimbangan atau sakit kepala hebat, sedangkan eye adalah gangguan penglihatan secara tiba-tiba. "Eye itu salah satu mata atau kedua mata tiba-tiba tidak bisa melihat," katanya.

Sedangkan face berarti salah satu sisi wajah menjadi turun dan arm merupakan gejala strok yang menyebabkan satu sisi tubuh mengalami kelemahan.

"Misalkan tiba-tiba tidak mampu mengangkat tangan. Ketika lagi memegang gelas, tiba-tiba jatuh, itu yang arm," katanya.

Sementara speech berarti kemampuan berbicara yang mendadak menjadi tidak jelas yang disebabkan gangguan pada pembuluh saraf lidah.

Kemudian time adalah pesan bahwa jika melihat seseorang mengalami gejala-gejala tersebut agar segera mencari pertolongan atau bawa orang itu ke rumah sakit.

"Time maksudnya sesegera mungkin datang mencari pertolongan, baik menelepon atau datang ke rumah sakit," kata Affan Priyambodo.    

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement