Sabtu 05 Nov 2022 04:45 WIB

Empat Penemuan Penting yang Mengubah Hidup Manusia

Praktik penemuan ini telah membuahkan hasil selama ribuan tahun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung melihat kereta kencana koleksi Museum Kereta Keraton di Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kraton, DI Yogyakarta. Empat Penemuan Penting yang Mengubah Hidup Manusia
Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Pengunjung melihat kereta kencana koleksi Museum Kereta Keraton di Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kraton, DI Yogyakarta. Empat Penemuan Penting yang Mengubah Hidup Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia dibekali akal paripurna dibandingkan makhluk hidup lainnya. Manusia senantiasa bisa belajar, berproses menciptakan sesuatu, dari mulai hal sederhana hingga fenomenal.

Sejarah telah membuktikan penemuan-penemuan manusia bisa mengubah cara hidup di dunia. Bahkan praktik penemuan ini telah membuahkan hasil selama ribuan tahun.

Baca Juga

Berikut adalah empat penemuan penting yang merevolusi cara manusia hidup dan berinteraksi dengan dunianya, seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (4/11/2022).

Empat Penemuan Penting yang Mengubah Hidup Manusia

1. Roda

Bisa dibilang salah satu penemuan paling signifikan, roda dibuat pada 3500 Sebelum Masehi di Mesopotamia bagian bawah (Irak modern). Menurut sebuah laporan di situs berita sains yang berbasis di AS, Live Science, roda itu sendiri tidak sulit ditemukan. Bagian yang sulit adalah mencari tahu mekanisme menghubungkan platform yang tidak bergerak ke silinder yang berputar itu. 

Bangsa Sumeria memiliki ide cemerlang untuk menciptakan poros berputar dan memasangnya ke dalam balok kayu melingkar. Penemuan roda pun telah menciptakan cara baru untuk mengangkut barang, melakukan perjalanan jarak jauh, hingga meningkatkan pertanian dan perdagangan.

2. Paku

Berasal lebih dari 2.000 tahun ke era Romawi kuno, penemuan paku hanya terjadi setelah manusia dapat membuat dan membentuk logam. Sampai awal 1800-an, paku tempa tangan adalah hal yang umum. Para pandai besi akan memanaskan batang besi persegi dan memalunya di empat sisi untuk membuat titik. 

Kemudian, teknologi berkembang dan mesin pembuat paku diciptakan pada 1790-an. Hal itu telah membantu mendorong banyak industri terkait. Versi lain dari paku, yaitu sekrup, dikaitkan ke sarjana Yunani Archimedes pada abad ketiga Sebelum Masehi.

3. Kompas

Para pelaut kuno pernah hanya mengandalkan bintang-bintang di langit sebagai pemandu mereka. Akan tetapi tentu bintang tidak bisa menjadi sumber navigasi yang dapat diandalkan di siang hari atau di malam berawan. 

Penemuan kompas, yang pertama kali ditemukan di China selama dinasti Han pun mengubah hidup manusia. Benda ini terbuat dari batu permata, digunakan sebagai navigasi untuk pertama kalinya pada abad ke-11, selama dinasti Song. Kompas mengubah cara orang bepergian, dan membuka seluruh dunia untuk eksplorasi, yang pada akhirnya memungkinkan perdagangan global serta pertukaran ide.

photo
Kompas penunjuk arah - (dok. kemenag.go.id)

4. Mesin cetak

Ketika penemu Jerman Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak pada 1400-an, dia bukan orang pertama yang menciptakan jenis bergerak yang terbuat dari logam. Penemu dari China dan Korea juga pernah melakukannya.

Tetapi Gutenberg adalah orang pertama yang menciptakan proses mekanis yang mentransfer tinta (terbuat dari minyak biji rami dan jelaga) dari jenis yang dapat dipindahkan ke kertas. Hal yang terjadi di zaman selanjutnya adalah peningkatan eksponensial dalam kecepatan publikasi dan penyebaran pengetahuan secara luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement