Kamis 03 Nov 2022 07:16 WIB

Cara Seru Buat Bakar Lebih Banyak Kalori Saat Jalan Kaki

Berjalan lebih cepat dapat membakar kalori lebih banyak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Mendengarkan musik dengan tempo cepat dapat memotivasi orang untuk berjalan dengan lebih cepat dan dengan lebih bertenaga.
Foto: www.pixabay.com
Jalan kaki (ilustrasi). Mendengarkan musik dengan tempo cepat dapat memotivasi orang untuk berjalan dengan lebih cepat dan dengan lebih bertenaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memutar musik favorit saat melakukan rutinitas berjalan kaki bisa membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Hal ini merujuk pada pernyataan personal trainer sekaligus instruktur pilates, Stephanie Mansour.

"Putar daftar lagu favorit untuk membuat Anda termotivasi pergi ke luar untuk berjalan-jalan karena lagu yang didengar bisa memotivasi Anda berjalan," kata Mansour, seperti dilansir dari Today, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga

Musik tidak hanya dapat berfungsi sebagai motivator untuk mulai berolahraga, tetapi juga dapat membantu seseorang untuk mencapai tujuan kebugaran baru, baik dalam intensitas maupun durasi. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik bertempo cepat dapat membantu banyak orang dari berbagai usia dan berat badan berjalan dengan kecepatan sedang hingga intens, dan bahkan berolahraga untuk jangka waktu yang lebih lama, yang menyebabkan lebih banyak kalori yang terbakar.

"(Ketika) Anda memutar lagu dengan tempo yang cepat, Anda akan berjalan lebih cepat dan lebih bertenaga," jelas Mansour.

Mansour merekomendasikan untuk memilih lagu yang memiliki 150 hingga 160 beats per menit (BPM) untuk orang yang ingin meningkatkan mood dan membuat jantung mereka berdebar. Jika Anda ingin mencocokkan langkah dengan kecepatan lagu, 150 BPM atau lebih kemungkinan pas untuk berlari; 125 hingga 135 BPM cocok untuk power walk, dan 135 hingga 145 BPM untuk joging. Untuk lebih menikmati musik dan membakar lebih banyak kalori, coba angkat tangan ke udara.

Agar tetap aman berjalan di luar ruangan sambil mendengarkan musik, Mansour menyarankan untuk mendengarkan hanya dengan satu headphone di telinga atau mengurangi volume musik. Dengan begitu, Anda dapat tetap waspada terhadap bahaya yang bisa terjadi di sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement