Selasa 01 Nov 2022 06:24 WIB

Mengidam Makan Kertas atau Es Batu Dikenal Sebagai Pica, Pertanda Anemia

Anemia defisiensi besi dapat ditandai dengan mengidam sesuatu yang tak biasa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Es batu (ilustrasi). Mengidam es batu dapat menjadi pertanda pica, gejala anemia.
Foto: dreamstime.com
Es batu (ilustrasi). Mengidam es batu dapat menjadi pertanda pica, gejala anemia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengidam hal yang tak biasa, seperti ingin memakan kertas atau es batu, dikenal sebagai pica. Kondisi ini dapat menjadi pertanda bahwa seseorang mungkin mengalami anemia defisiensi besi.

Anemia defisiensi besi merupakan jenis anemia yang paling umum terjadi. Anemia defisiensi zat besi dapat membuat tubuh kesulitan untuk menghasilkan hemoglobin yang cukup. Padahal, hemoglobin merupakan senyawa yang memungkinkan sel darah merah membawa oksigen.

Baca Juga

Gejala umum dari anemia defisiensi besi adalah lelah dan sesak napas. Beberapa gejala lainnya adalah kurang energi, jantung berdebar, kulit pucat, sakit kepala, kuping berdenging, sakit lidah, merasa gatal, rambut rontok, sulit menelan, sariawan, hingga sindrom kaki gelisah.

Selain gejala-gejala ini, anemia defisiensi besi juga bisa memunculkan gejala tak biasa seperti pica. Pica adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengidam atau ingin menyantap sesuatu yang bukan makanan. Beberapa contohnya adalah mengidam kertas atau es batu. Menurut National Eating Disorders Association (NEDA), pica juga dapat memunculkan rasa mengidam terhadap rambut, tanah, dan cat.

"Anemia defisiensi besi dan malanutrisi adalah dua penyebab pica yang paling umum, kemudian ada juga kehamilan," ujar NEDA, seperti dikutip dari Express, Selasa (1/11/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement