Kamis 03 Nov 2022 05:49 WIB

Tujuh Kendala Pemasaran yang Sering Dihadapi Pebisnis

Kendala pemasaran umumnya dihadapi oleh pemilik bisnis

Kendala pemasaran umumnya dihadapi oleh pemilik bisnis.
Foto:

4. Manajemen Internal Berantakan

Sebuah bisnis gak bisa dikendalikan oleh satu orang. Perlu adanya kerja sama tim yang kompak sehingga pemasaran dapat berjalan lancar. Manajemen internal yang amburadul memiliki pengaruh penting dalam pemasaran suatu produk. Oleh karena itu, agar tidak mengalami kendala dalam pemasaran kamu juga perlu memperhatikan manajemen internal sebelum mempromosikan atau memasarkan produk.

5. Tidak Memiliki Financial Planning dalam Bisnis

Memiliki perencanaan finansial dalam bisnis adalah hal yang penting. Financial planning bisnis menentukan anggaran yang perlu dan tidak perlu untuk kamu keluarkan dalam bisnismu. Dengan begitu, kamu akan meminimalisir pengeluaran dari bisnis atau perusahaan. Kamu perlu melek finansial agar bisnismu gak boncos.

6. Persaingan Pasar yang Ketat

Menguasai pasar bukanlah hal yang mudah, apalagi kalau persaingan pasar sangat ketat. Kamu perlu menentukan segmentasi pasar dengan terperinci. Segmentasi pasar adalah pemetaan target pasar dengan tepat. Tentunya, sebagai seorang pebisnis kamu harus membentuk tim pemasaran yang melakukan riset mengenai segmentasi pasar.

7. Tidak Melakukan Riset Mendalam

Kendala pemasaran selanjutnya adalah tidak dapat melakukan riset mendalam. Seperti yang kamu ketahui kalau tren terus berkembang setiap harinya. Kalau kamu tertinggal, kamu bisa stuck di tempat dan bisnismu gak berkembang. Mengapa demikian? Jawabannya, karena kamu tidak bisa mengikuti pasar.

8. Tidak Memaksimalkan Media Sosial

Media sosial punya peran yang penting untuk sebuah bisnis. Dengan perkembangan internet, setiap orang bisa dengan mudah menerima beragam informasi. Kamu bisa banget memaksimalkan media sosial untuk sarana promosi produkmu. Tidak dapat menggunakan media sosial secara tepat termasuk ke dalam kendala pemasaran yang umumnya dihadapi pebisnis.

9. Kendala Pemasaran Pebisnis yaitu Media Promosi Tidak Tepat

Media promosi yang tepat menjadi penunjang agar produk kamu lebih mudah dikenal publik. Nah, kamu perlu melakukan riset untuk menentukan media promosi yang potensial untuk mempromosikan bisnismu.

Solusi Mengatasi Kendala Pemasaran

Apabila kamu sedang menghadapi kendala pemasaran, kamu bisa melakukan beragam solusi berikut ini. Kira-kira apa saja solusinya? Simak berikut ini!

Mencoba Strategi Baru

Terkadang masalah dalam pemasaran disebabkan karena strategi lama tidak berjalan dengan baik, untuk itu kamu bisa melakukan uji coba strategi baru. Cobalah untuk menerapkan strategi pemasaran baru yang lebih efektif. Terdapat berbagai strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan.

Melatih Kreativitas

Cobalah untuk melatih kreativitas kamu untuk menciptakan produk baru yang lebih baik dan memiliki manfaat untuk konsumen. Seperti yang kamu tahu kalau kreativitas merupakan salah satu soft skill yang perlu dimiliki seorang pebisnis.

Sebagai seseorang yang ingin atau sedang merintis usaha, berpikir kreatif itu perlu, lho! Selain itu, kamu juga harus memiliki skill problem-solving yang oke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement