Selasa 25 Oct 2022 16:29 WIB

Sudah Divaksinasi Lalu Kena Covid-19, Gejala Ini Biasanya Lebih Sering Muncul

Vaksinasi tampak meredam tingkat keparahan gejala Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Orang menutupi mulut dan hidungnya dengan tisu saat bersin (ilustrasi). Bersin menjadi tanda potensial bahwa orang yang sudah divaksinasi mungkin terkena Covid-19.
Foto: www.freepik.com.
Orang menutupi mulut dan hidungnya dengan tisu saat bersin (ilustrasi). Bersin menjadi tanda potensial bahwa orang yang sudah divaksinasi mungkin terkena Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan terjadinya mutasi pada virus SARS-CoV-2, tren gejala yang muncul pada pasien Covid-19 pun ikut berubah. Uniknya, saat ini ada satu gejala Covid-19 yang cenderung lebih sering mengenai kelompok tertentu saja.

Mengacu pada laporan dari aplikasi Zoe Covid Study di Inggris, gejala yang dimaksud adalah bersin. Data dari aplikasi tersebut menunjukkan bahwa gejala bersin lebih sering muncul pada pasien Covid-19 yang sudah divaksinasi dibandingkan pada pasien yang belum divaksinasi.

Baca Juga

Temuan ini mengindikasikan bahwa banyak bersin bisa menjadi tanda potensial bahwa individu yang sudah divaksinasi mungkin terkena Covid-19. Seberapa pun ringannya gejala bersin yang muncul, orang tersebut sangat disarankan untuk melakukan tes Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri.

"Terlebih bila Anda hidup atau bekerja dengan orang-orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit tersebut," jelas tim Zoe, seperti dilansir Express, Selasa (25/10/2022).

Belum diketahui mengapa gejala bersin lebih sering mengenai penderita Covid-19 yang sudah divaksinasi. Akan tetapi, temuan terbaru ini mengindikasikan bahwa status vaksinasi dan jumlah dosis vaksin yang diterima bisa memengaruhi kecenderungan gejala Covid-19 yang muncul bila seseorang terinfeksi SARS-CoV-2.

Tak hanya itu, vaksinasi juga tampak berhasil dalam meredam tingkat keparahan gejala Covid-19 yang muncul pada pasien. Menurut data dari Zoe Covid Study, gejala Covid-19 yang muncul pada pasien yang sudah divaksinasi tampak semakin sedikit.

Pada pasien Covid-19 yang sudah divaksinasi, gejala-gejala ini juga berlangsung dalam waktu yang relatif lebih singkat. Hal ini mengindikasikan bahwa individu yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lebih terlindungi dari risiko sakit berat akibat Covid-19. Mereka juga mampu memulihkan diri lebih cepat bila terpapar Covid-19.

Selain bersin, pasien Covid-19 yang sudah divaksinasi juga kerap mengalami beberapa gejala lain. Gejala-gejala tersering yang ditemukan pada pasien Covid-19 yangs udah divaksinasi adalah nyeri tenggorokan, hidung beringus, hidung tersumbat, batuk persisten, dan sakit kepala.

Sejak ditemukan pertama kali di Wuhan, China, Covid-19 telah melalui banyak perubahan termasuk dari segi gejala. Di awal pandemi, beberapa gejala Covid-19 yang sering muncul adalah demam tinggi, batuk kering, dan sesak napas.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement