Senin 24 Oct 2022 19:34 WIB

Bono Merasa Bertanggung Jawab Atas 'Kegagalan' Album U2 di iTunes

Album Songs of Innocence milik U2 dirilis gratis di iTunes pada 2014.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Vokalis U2 Bono. Album Songs of Innocence milik U2 dibagikan secara gratis di iTunes pada 2014.
Foto:

Rupanya, Bono tidak ingin album hanya dibagikan penikmat musik U2. Bono ingin memberikannya kepada semua orang, baik penggemar U2 atau bukan. Soal lagu-lagu U2 dinikmati atau tidak, itu menjadi pilihan masing-masing.

Setelah keputusan diambil, album U2 gratis itu pun dibagikan secara cuma-cuma. Hasil yang didapat U2 tidak sesuai harapan, sebab muncul banyak kritik atas strategi tersebut yang dinilai merugikan musisi lain, tidak membawa keuntungan bagi distributor, bahkan merusak industri musik secara langsung.

Pun tidak semua penikmat musik mengapresiasi album tersebut, terutama yang bukan merupakan penggemar U2. Bono pun menyadari kesalahan dalam idenya. Membagikan musik U2 kepada orang-orang yang mungkin tidak terlalu tertarik tentunya bisa memicu penolakan dan diskusi serius tentang pemanfaatan teknologi.

"Saya bertanggung jawab penuh. Bukan Guy O, bukan Edge, bukan Adam, bukan Larry, bukan Tim Cook, bukan Eddy Cue. Saya pikir jika kami dapat menempatkan musik kami dalam jangkauan orang, mereka mungkin memilih untuk menjangkaunya. Rupanya tidak," ujar Bono, dikutip dari laman Variety, Senin (24/10/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement