Rabu 19 Oct 2022 14:14 WIB

Etilen Glikol dan Dietilen Glikol Sudah Dilarang BPOM, Mengapa Tetap Ada di Obat Sirop?

Kemenkes menyebut 15-18 obat sirop yang diuji masih mengandung etilen glikol.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Perawat menuang obat sirop (ilustrasi). Kemenkes instruksikan apotek tidak jual obat sediaan sirop untuk sementara di tengah investigasi kemungkinan cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).
Foto:

Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk berkonsultasi ke dokter saat anak mengalami sakit atau demam. Jika diperlukan, parasetamol dapat diberikan dalam bentuk selain sirop, misalnya tablet, kapsul, atau suppositoria (diberikan via anal).

 

"Jadi memang bukan parasetamol yang tidak aman, tetapi ada parasetamol yang mengandung etilen glikol," kata Dante.

photo
Kasus gangguan ginjal akut misterius. - (Republika)

Kemenkes mengungkap bahwa jumlah kasus gangguan ginjal akut pada anak yang dilaporkan hingga Selasa (18/10/2022) telah mencapai 206. Kasus tersebut berasal dari 20 provinsi.

"Angka kematian 99 kasus (48 persen), angka kematian khususnya di RSCM sebagai rujukan nasional ginjal mencapai 68 persen," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril, di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Syahril mengungkap bahwa laporan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal telah mengalami peningkatan tajam sejak akhir Agustus 2022. Acute kidney injury (AKI) utamanya melanda anak-anak di bawah usia lima tahun (balita).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement