Kamis 13 Oct 2022 21:41 WIB

39 Tahun Berkarya, Slank Gelar Tur Konser 'Smile Indonesia'

Slank akan menggelar konsernya di empat kota dan satu pertunjukan akbar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Grup musik Slank memberikan keterangan mengenai tur konser Smile Indonesia pada konferensi pers di Hard Rock Cafe Jakarta, Kamis (13/10).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Grup musik Slank memberikan keterangan mengenai tur konser Smile Indonesia pada konferensi pers di Hard Rock Cafe Jakarta, Kamis (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merayakan 39 tahun berkarya, grup musik Slank segera menggelar rangkaian tur konser bertajuk "Smile Indonesia". Konser hadir di "empat plus satu" kota, yakni di empat kota pada format pertunjukan yang sama, serta satu konser akbar yang menjadi puncaknya.

Rangkaian tur musik "Smile Indonesia" bakal bermula di Kota Palembang pada 6 November 2022. Slank selanjutnya menyambangi Kota Makassar (10 November), Banjarmasin (24 November), dan Surabaya (4 Desember 2022). Perjalanan tur konser berpuncak di Yogyakarta.

Baca Juga

Pada 11 Desember 2022, Slank akan menggelar konser hari ulang tahun ke-39 di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta. Band yang beranggotakan Kaka (vokal), Ridho (gitar), Abdee (gitar), Ivanka (bas), dan Bimbim (drum) itu juga melibatkan sejumlah kolaborator.

Grup musik beraliran ska, Tipe-X, bakal membuka pertunjukan Slank di empat kota. Sementara, konser ulang tahun di Yogyakarta bakal menghadirkan band rock Endank Soekamti, trio Fleur!, serta solois Pamungkas yang memeriahkan acara.

Pemain bas Slank, Ivanka, menyampaikan bahwa tur konser "Smile Indonesia" menjadi cara Slank mengajak Indonesia kembali tersenyum. Slank ingin para penggemarnya yang dijuluki Slankers serta seluruh kalangan masyarakat bersama-sama bangkit setelah pandemi Covid-19.

Slank juga menyiapkan kejutan lagu yang menurut Ivanka berkaitan dengan tajuk konser. Sebelum itu, dia dan kawan-kawannya sepakat membuat sebuah konsep pertujunkan yang mengusung nilai kolaborasi serta sarat elemen nasionalisme, kebangsaan, dan kebersamaan.

"Kami tahu bahwa saat ini Indonesia memerlukan semangat persatuan yang terus digaungkan bersama untuk menciptakan Indonesia yang pulih total dari kondisi yang ada. Kami ingin "Smile Indonesia" menjadi cara untuk healing," ungkap Ivanka pada konferensi pers di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis (13/10).

Pemilihan kota-kota yang disambangi berdasarkan pada representasinya. Tiap kota yang jadi lokasi tur dianggap mewakili pulau-pulau besar di Indonesia, yakni Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa. Untuk puncak acara, sengaja dipilih lokasi di tengah Pulau Jawa.

Kolaborasi lain yang digagas Slank adalah kegiatan kompetisi foto bersama Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti. Tema lomba sama dengan tajuk konser, di mana karya foto terbaik akan ditampilkan pada layar panggung Slank saat menggelar konsernya nanti.

Para personel Slank mengaku sudah tidak sabar berjumpa lagi dengan Slankers di konser. "Kami saling rindu untuk terinspirasi dan menginspirasi melalui musik yang kami bawakan," tutur Ivanka. Informasi mengenai harga tiket konser dan kanal penjualannya akan diinformasikan kemudian melalui media sosial Slank.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement