Rabu 12 Oct 2022 23:48 WIB

Mengenal Melanoma, Kanker Kulit yang Diidap Khloe Kardashian

Khloe Kardashian mengira benjolan kecil diwajahnya hanya jerawat biasa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Khloe Kardashian mengira benjolan kecil diwajahnya hanya jerawat biasa.
Foto: AP
Khloe Kardashian mengira benjolan kecil diwajahnya hanya jerawat biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebriti Khloe Kardashian sempat mengira benjolan kecil yang muncul di area wajahnya sebagai jerawat biasa. Siapa sangka, "jerawat" tersebut merupakan benjolan tumor yang disebabkan oleh kanker kulit melanoma.

Seperti dilansir Mayo Clinic, Rabu (12/10/2022), melanoma merupakan jenis kanker kulit paling serius. Kanker ini menyerang sel-sel atau melanosit yang memproduksi melanin. Selain di kulit, melanoma juga bisa mengenai mata dan dalam kasus yang sangat langka mengenai bagian dalam tubuh seperti hidung atau tenggorokan.

Baca Juga

Penyebab pasti dari melanoma masih belum benar-benar jelas. Akan tetapi, paparan radiasi UV dari matahari atau mesin penggelap kulit bisa meningkatkan risiko melanoma. Membatasi paparan radiasi UV, seperti menggunakan tabir surya, bisa membantu menurunkan risiko kanker kulit tersebut.

Meski merupakan jenis kanker kulit yang paling serius, melanoma bisa diobati dengan baik bila terdeteksi sejak dini. Untuk bisa mendeteksi melanoma lebih awal, ada beberapa gejala yang patut diwaspadai.

 

Salah satu gejala awal dari melanoma adalah adanya perubahan pada tahi lalat yang sudah ada sebelumnya. Gejala awal lainnya adalah kemunculan tahi lalat baru yang tak biasa di kulit.

Namun tak semua kasus melanoma diawali dengan tahi lalat. Terkadang, melanoma juga bisa terjadi pada kulit yang tampak normal. Bila menemukan adanya perubahan kulit yang tak biasa, jangan segan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement