Rabu 12 Oct 2022 18:15 WIB

Hadapi Inter Milan, Xavi Soroti Kekuatan Mental Penggawa Blaugrana

Xavi berharap para pemain Barcelona bisa tampil dengan kondisi terbaik

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez, berdiri di pinggir lapangan menjelang pertandingan persahabatan amal antara Barcelona dan Manchester City di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, Rabu, 24 Agustus 2022.
Foto: AP/Joan Monfort
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez, berdiri di pinggir lapangan menjelang pertandingan persahabatan amal antara Barcelona dan Manchester City di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, Rabu, 24 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona akan menjamu Inter Milan pada laga keempat penyisihan Grup C Liga Champions, Kamis (13/10) dini hari WIB.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengakui, laga di Stadion Camp Nou ini menjadi partai penentuan dalam usaha Blaugrana untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Alhasil, kemenangan menjadi torehan wajib buat klub asal Katalan di laga ini. Maklum, Blaugrana berada dalam posisi yang kurang menguntungkan di klasemen sementara Grup C.

Kekalahan, 0-2, dari I Nerazzurri, tengah pekan lalu, membuat Barca terpuruk di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B. Barcelona terpaut enam poin dari pemuncak klasemen sementara, Bayern Muenchen, dan tiga angka dari peringkat kedua, Inter Milan.

Dengan tiga laga yang masih tersisa di penyisihan Grup B, Barcelona diharapkan bisa memetik tiga poin di laga ini demi menjaga peluang lolos ke fase gugur.

''Sangat disesalkan, kami berada dalam situasi ini. Kami tidak punya pilihan selain menang di laga ini. Ini adalah laga final buat kami. Kami akan memberikan segalanya,'' ujar Xavi seperti dilansir AS, Rabu (12/10).

Kondisi tersebut, kata Xavi, memberikan dampak tersendiri buat anak-anak asuhnya dalam menatap laga ini. Mantan pelatih Al Sadd itu pun mengakui, ada tekanan dan kegugupan yang dirasakan anak-anak asuhnya di laga ini.

Untuk itu, Xavi berharap, para penggawa Blaugrana bisa tampil dengan kondisi psikologis dan kekuatan mental yang tepat di laga kontra I Nerazzurri. ''Laga ini memiliki aspek psikologis yang cukup besar.”

“Kami memiliki waktu 90 menit untuk bisa meraih kemenangan. Karena itu, kami harus bisa lebih bersabar dalam mengembangkan permainan. Mereka bisa tertinggal dan kebobolan, asalkan kami bisa menyerang dengan lebih baik,'' kata pelatih asal Spanyol tersebut.

Tidak hanya soal mentalitas bertanding, Xavi juga berharap, para penggawa Blaugrana bisa tampil sempurna di laga tersebut. Terus berusaha mengendalikan permainan via penguasaan bola, para penggawa Barcelona pun diharapkan bisa meningkatkan kinerja penyerangan.

''Mungkin, kami bisa menerapkan gaya yang sama seperti saat merumput di Milan, tapi dengan lebih tajam. Hal yang tidak bisa ditawar adalah soal penguasaan bola. Kami harus lebih berani, termasuk dengan mengeksekusi sepakan dari luar kotak penalti,'' tutur Xavi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement