Senin 10 Oct 2022 05:30 WIB

Gejala yang Pertama Terasa Saat Kolesterol Menyumbat Arteri

Pembuluh darah bisa menyempit sebagai akibat dari penumpukan kolesterol.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi tidur. Nyeri kaki, terutama terasa di malam hari saat berbaring, dapat menjadi gejala penyakit arteri perifer. Penyakit ini merupakan akibat dari penumpukan kolesterol di arteri.
Foto:

Sama halnya dengan kolesterol tinggi, PAD tidak menyebabkan banyak gejala mencolok sehingga membuatnya sulit dikenali. Karena sifatnya yang tersamar, cara yang paling bisa diandalkan untuk menentukan kadar kolesterol adalah dengan melakukan tes darah.

photo
Tanda kolesterol tinggi dapat terlihat di kaki. - (Republika)

Dokter akan mengambil darah dari lengan atau melakukan tes tusukan jari. Bagi orang yang harus menurunkan kadar kolesterolnya, ada berbagai cara untuk mengupayakannya, baik itu perubahan gaya hidup atau mengonsumsi statin, obat penurun kolesterol.

Kunci untuk diet penghilang kolesterol adalah mengurangi lemak jenuh. Caranya ialah dengan mengurangi asupan makanan seperti sosis, mentega, keju, dan biskuit. Perubahan gaya hidup lain yang dapat bermanfaat bagi arteri, yakni olahraga, berhenti merokok, dan menjauhi alkohol.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement