Jumat 07 Oct 2022 01:13 WIB

Tinnitus, Gejala Covid-19 yang Mengganggu tapi Kurang Dikenal

Orang yang mengalami tinnitus akan mendengar dengung di telinganya sendiri.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria terganggu oleh suara mendengung di dalam telinganya (Ilustrasi). Kondisi yang dikenal sebagai tinnitus itu juga dapat mengusik penderita Covid-19.
Foto:

Sebuah makalah yang diterbitkan dalam International Journal of Audiology menemukan bahwa sekitar tujuh hingga 15 persen orang dewasa yang didiagnosis dengan Covid-19 berjuang dengan masalah telinga. Tanda yang paling umum adalah tinnitus, diikuti kesulitan mendengar dan vertigo.

Tinnitus dan sakit telinga juga dianggap sebagai salah satu gejala utama long Covid. Kondisi itu terjadi di mana seseorang masih merasakan sejumlah masalah kesehatan jangka panjang seperti saat positif Covid-19 padahal telah dinyatakan negatif.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mencantumkan berbagai gejala lain dari Covid-19. Itu meliputi demam, menggigil, batuk terus-menerus, kehilangan atau perubahan indra penciuman atau perasa, serta sesak napas. Penderita Covid-19 juga bisa merasa lelah, nyeri tubuh, hidung tersumbat, kehilangan selera makan, dan diare, dikutip dari laman Express, Kamis (6/10/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement