Ahad 02 Oct 2022 14:59 WIB

Lima Objek Wisata Menarik di Jawa Barat yang Berbalut Cerita Legenda

Objek wisata terkait cerita lengenda menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pemandangan kawah Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Legenda Sangkuriang melekat erat dengan Gunung Tangkuban Parahu.
Foto:

Gua Sunyaragi

photo
Wisata cagar budaya Gua Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat. Gua yang dibangun di atas tanah seluas 15 hektare pada tahun 1703 Masehi ini, bertujuan untuk tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarga - (Antara)

Ini merupakan situs bersejarah peninggalan Kesultanan Kasepuhan Cirebon yang konon dibangun pada abad ke-17 hingga 18 M. Gua ini didirikan sebagai tempat meditasi para sultan dan keturunannya sehingga dinamakan Sunya (sunyi/sepi) dan Ragi (raga). Berbagai cerita legenda hingga mitos-mitos bisa didengar wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Gunung Padang

Gunung Padang terletak di Kabupaten Cianjur. Oleh beberapa ahli sejarah, Gunung Padang disebut-sebut sebagai situs tertua di dunia mengalahkan Piramida Gaza yang ada di Mesir.

photo
Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat - (Republika/Santi Sopia)

Situs ini kabarnya ditemukan pada tahun 1891 dan masih terus diteliti hingga sekarang. Di sana wisatawan bisa menemukan sisa-sisa bangunan peninggalan zaman megalitikum. Konon kabarnya, masih terdapat banyak sisa bangunan yang tertimbun dalam tanah sehingga menarik perhatian peneliti dari berbagai penjuru dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement