Jumat 30 Sep 2022 19:06 WIB

Termasuk Generasi Sandwich, Begini Cara Febby Rastanti Tanggung Biaya Hidup Ibu-Adiknya

Sebagai generasi sandwich, Febby Rastanti mengaku harus melek finansial.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Febby Rastanti saat menghadiri premier dunia film Onward. Febby termasuk salah satu generasi sandwich.
Foto:

Secara pribadi, Febby juga telah gencar berinvestasi mulai dari membeli tanah, rumah, saham, kripto, bahkan membuka bisnis sebagai passive income. Ia juga sudah mulai mengalokasikan penghasilannya ke dalam beberapa pos anggaran yang diharapkan bisa memutus rantai masalah sandwich generation.

"Jadinya aku harus antisipasi aja dari sekarang, agar nanti ketika aku punya anak, anakku punya pilihan untuk melakukan apa yang dia suka tanpa harus mikirin finansial di keluarga," kata Febby.

Febby juga memberikan dukungan kepada semua orang yang saat ini termasuk generasi sandwich. Ia memahami bahwa mengemban tugas itu sama sekali tidak mudah, namun ia menyarankan untuk tetap berusaha menjalaninya dengan ikhlas dan tetap bersyukur.

"Kalau misal kita jalani semuanya dengan ikhlas, lebih condong ke mikir sisi positifnya, aku pikir itu akan lebih baik daripada kita terus mengeluh dengan keadaan," ujar dia.

Mengomunikasikan kondisi finansial kepada calon pasangan sebelum menikah adalah salah satu hal penting yang sebaiknya tidak dilewatkan. Kondisi finansial yang perlu dibicarakan termasuk utang, terlebih ketika Anda merupakan generasi sandwich, suatu kondisi di mana seseorang harus menanggung biaya hidup orang lain di luar dirinya seperti adik ataupun orang tua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement