Jumat 30 Sep 2022 17:44 WIB

Akademisi: Tujuan Pemutaran Film G30S PKI Berubah Mengikuti Tuntutan Zaman

Film Pengkhianatan G30S PKI rutin diputar setiap mendekati tanggal 30 September.

 Warga antusias menonton pemutaran film G30S/PKI di Taman Graha Mall Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (23/9/2017). Film tersebut rutin diputar di TV setiap tahun.
Foto:

Menurut Azwar, relevan tidaknya pemutaran film dengan kondisi saat ini bukanlah permasalahan utama. Ia menilai yang lebih penting ialah adanya  kesadaran bahwa film G30S PKI merupakan karya fiksi yang digunakan sebagai wadah penyampaian sejarah dan bukan berupa dokumen sejarah.

"Namun sebagai sebuah film yang merupakan karya fiksi, kita tidak bisa mengharap kebenaran sejarah dari sebuah karya fiksi. Jadi kita harus melihat film ini sebagai sebuah karya fiksi, walaupun terinspirasi dari kisah nyata sekalipun," katanya.

Azwar berharap semua pihak dapat memahami perbedaan tujuan tersebut melalui paradigma sejarah. Walaupun demikian, semua pihak juga diharapkan dapat memperkuat rasa bela negaranya, sehingga Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat.

"Makanya dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, industri televisi tidak perlu susah payah mengiklankan tayangan mereka. Jadi menurut saya, film G30S PKI yang selalu diputar setiap 30 September itu bagian dari strategi program industri televisi," kata Azwar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement