Kamis 29 Sep 2022 23:15 WIB

Betulkah Jantung Bocor Bisa Menutup Sendiri Jika Gizi Anak Bagus?

Jantung bocor termasuk kelainan jantung bawaan.

Bayi (ilustrasi). Tidak ada obat-obatan herbal yang memperbaiki struktur jantung yang bermasalah, termasuk jantung bocor.
Foto:

Menurut dr Herlina, kelainan tersebut berupa "kebocoran" pada jantung dalam bahasa awam, maka tidak mungkin apabila tidak dilakukan operasi. Meski begitu, saat ini tindakan operasi ada yang bisa digantikan dengan tindakan intervensi kardiologi atau penutupan bagian yang bocor dengan alat.

"Tindakan itu sudah banyak dilakukan di negara kita. Rekan-rekan saya di Pusat Pelayanan Terpadu RS Cipto Mangunkusumo dan RS Harapan Kita, bahkan di seluruh Indonesia seperti Padang, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, dan Ujung Pandang melakukan penutupan ini tanpa operasi," katanya.

Namun, untuk kelainan jantung yang kritis dan memiliki tingkat kebocoran yang kompleks atau memiliki struktur anatomi yang amat berbeda secara multiple, dr Herlina mengatakan tindakan operasi merupakan pilihan yang terbaik. Dengan begitu, anak penderita penyakit jantung bawaan tadi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

"Ke depannya, dia tidak ada perbedaan dengan anak normal  jika jantung itu sudah ditatalaksana dengan paripurna," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement