Selasa 27 Sep 2022 17:47 WIB

Cegah Bayi Stunting, Jam Berapa Ibu Hamil Harus Berjemur?

Ibu hamil juga perlu beri jeda waktu makan usai minum teh, susu, cokelat, dan kopi.

Ibu hamil sedang berjemur (ilustrasi). Ibu hamil perlu berjemur 15 menit setiap harinya untuk mengoptimalkan pengaktifan vitamin D dalam tubuh agar bayi di dalam kandungannya tidak mengalami tengkes (stunting).
Foto:

Kondisi ini diukur dengan panjang atau tinggi badan yang lebih dari minus dua standar deviasi median standar pertumbuhan anak dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kementerian Kesehatan mencatat tengkes memiliki efek jangka pendek hingga jangka panjang, salah satunya peningkatan angka kematian dan kesakitan.

Selain itu, tengkes juga dapat berefek pada perkembangan anak yang buruk dan gangguan kapasitas belajar, peningkatan risiko infeksi serta penyakit tidak menular. Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018 di DKI Jakarta, persentase balita sangat pendek mencapai 6,1 persen.

Capaian itu lebih baik dibandingkan pada 2017 mencapai 7,2 persen. Secara nasional, balita sangat pendek pada 2018 persentasenya mencapai 11,5 persen dan Provinsi Bali menduduki posisi pertama untuk capaian lebih baik dengan persentase balita sangat pendek mencapai 5,6 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement