Selasa 27 Sep 2022 04:05 WIB

Alami Nyeri Kronis Seperti Lady Gaga? Jangan Menyerah, Ini 5 Cara Mengelolanya

Lady Gaga menderita fibromyalgia yang ditandai dengan nyeri kronis.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi dan aktris Lady Gaga menderita fibromyalgia yang membuatnya kerap didera nyeri hebat.
Foto:

Ada lima cara yang bisa dilakukan penderita nyeri kronis di rumah untuk mengelola keluhan mereka. Berikut ini adalah kelima cara tersebut, menurut Dr Dee.

1. Cari informasi

Coba lakukan pencarian daring di situs-situs yang kredibel untuk mendapatkan informasi seputar nyeri kronis. Diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan beberapa opsi pengelolaan rasa nyeri hingga menemukan metode yang paling sesuai.

2. Kualitas tidur

Kemunculan rasa nyeri kerap membuat penderita nyeri kronis sulit untuk tidur. Namun di sisi lain, menjaga kecukupan tidur tetap merupakan hal yang penting untuk diupayakan. Coba lakukan beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa membantu merelaksasi sistem saraf, seperti latihan bernapas atau mengelola pikiran-pikiran negatif.

3. Aktif

Kemunculan rasa nyeri terkadang membuat penderita nyeri kronis sulit untuk beraktivitas dengan optimal. Hal ini bisa mendorong munculnya rasa terisolasi. Jangan khawatir untuk tetap beraktivitas dan berolahraga bila dokter merekomendasikannya. Yang terpenting adalah mengetahui kapan harus berhenti sejenak dan beristirahat bila rasa nyeri muncul.

4. Nikmati hidup

Menghindari sesuatu yang disukai karena keluhan nyeri kronis bisa memunculkan rasa terisolasi, suasana hati muram, dan stres. Kondisi ini dapat mendorong produksi hormon adrenalin.

Stres dan produksi hormon adrenalin yang terus berlangsung bisa membuat nyeri dan lelah semakin terasa berat. Coba untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan pikiran melalui aktivitas-aktivitas yang bisa meningkatkan kualitas hidup.

5. Komunikasi

Orang-orang terdekat tak akan bisa membantu bila penderita nyeri kronis tak bicara mengenai keluhan mereka. Coba untuk terbuka dan bicarakan keluhan apa saja yang sedang dihadapi dengan orang-orang terkasih. Jangan ragu untuk meminta pertolongan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement