Senin 26 Sep 2022 18:14 WIB

Kapan Lansia Perlu Dirawat oleh Caregiver Profesional?

Orang yang sudah berumur lebih dari 65 tahun masuk kategori lansia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Merawat lansia (Ilustrasi). Ada kondisi tertentu di mana lansia butuh seorang caregiver, yakni individu yang memberikan pendampingan atau perawatan dalam kehidupan sehari-hari kepada orang yang tidak mampu merawat dirinya sendiri.
Foto:

Probosuseno mengatakan, lansia boleh saja dirawat sendiri maupun mengandalkan jasa caregiver formal atau informal. Perawatan lansia bisa dilakukan di rumah atau di fasilitas khusus, tergantung keputusan tiap keluarga.

Lansia dikatakan memerlukan perawatan khusus jika ada dalam kondisi renta, sakit parah, atau tidak bisa mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Probosuseno yang merupakan dokter penyakit dalam konsultan geriatri itu menyarankan keluarga sebisa mungkin merawat lansia, namun jika terkendala atau kelelahan bisa mendelegasikan itu kepada caregiver profesional.

Bagi orang yang berkesempatan merawat sendiri orang tuanya yang sudah lansia, Probosuseno mengingatkan untuk melakukan perawatan yang baik. "Bersabarlah merawat orang tua kita yang sudah tua, yang dulu menyayangi kita. Kalau tahu caranya, akan tahu bagaimana menanganinya dengan bijaksana," ungkap ketua komite medik RS Jogja International Hospital (JIH) itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement