Jumat 23 Sep 2022 14:52 WIB

Tertusuk Jarum Suntik Bekas Pasien Cacar Monyet, Perawat di Brasil Ketularan

Penularan lewat jarum suntik dapat disamakan dengan gigitan atau cakaran binatang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan memperlihatkan sampel swab cacar monyet (Ilustrasi). Seorang perawat di Brasil terinfeksi virus monkeypox lewat jarum suntik bekas pasien cacar monyet.
Foto:

Petugas medis mengatakan bahwa komplikasi penyakit juga bisa terjadi seperti mood rendah, sakit parah, dan konjungtivitis. Kini, setidaknya ada 3.413 kasus cacar monyet yang diketahui di Inggris.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Petugas medis di AS telah memperingatkan bahwa mereka yang tertular virus masih berisiko terkena infeksi virus ensefalitis, suatu kondisi yang menyebabkan radang otak. Dalam tinjauan kemungkinan komplikasi neurologis cacar monyet, para ahli mencatat bahwa mereka yang terkena virus juga berisiko mengalami gangguan peradangan serius yang disebut myelitis.

Myelitis dapat menyebabkan cacat fisik permanen, seperti kekakuan otot, hilangnya fungsi usus atau kandung kemih, kelemahan otot, atau bahkan kelumpuhan. Sampai sekarang, belum ada laporan tentang orang dengan cacar monyet yang mengembangkan kondisi neurologis. Namun, berdasarkan komplikasi neurologis yang diketahui dari virus serupa lainnya, seperti cacar, maka dunia harus bersiap dengan kemungkinan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement