Jumat 23 Sep 2022 00:12 WIB

USG 4D Perlihatkan Janin Tersenyum Saat Ibu Makan Wortel, Manyun Saat Terpapar Kale

Janin ternyata dapat merespons rasa sayuran yang dimakan ibunya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pemindaian USG 4D memperlihatkan janin tampak tersenyum ketika ibunya makan wortel.
Foto: Dok: Peneliti Durham University
Pemindaian USG 4D memperlihatkan janin tampak tersenyum ketika ibunya makan wortel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selera anak-anak terhadap makanan ternyata bisa dipengaruhi oleh makanan ibunya ketika hamil. Hal ini tidak terkecuali untuk sayuran.

Sebuah studi terbaru menunjukkan respons janin ketika ibunya memakan wortel dan sayuran kale. Pemindaian 4D ultrasound terhadap 100 calon ibu menunjukkan janin memberikan lebih banyak respons "wajah tersenyum" pada wortel dan reaksi "wajah manyun" terhadap kale.

Baca Juga

Pipi janin yang dikandung para ibu tampak mengembang dan bibirnya melebar, gestur layaknya sedang tersenyum. Sebaliknya ketika ibunya makan kale.

Temuan para ilmuwan di Durham University sekarang dapat membantu penelitian tentang bagaimana reseptor rasa dan penciuman manusia dapat berkembang. Hasilnya diyakini bahwa ibu hamil dapat memengaruhi preferensi selera anak-anak, dan membantu membentuk kebiasaan makan sehat.

Janin diperkirakan mengidentifikasi rasa dengan menghirup dan menelan cairan ketuban rahim. Para ahli mencatat reaksi janin setelah ibu mengambil "kapsul rasa" wortel dan kale.

photo
Pemindaian USG 4D memperlihatkan janin tampak manyun ketika ibunya makan kale. - (Dok Durham University)

Pascasarjana Beyza Ustun, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan sejumlah studi terdahulu memang telah menunjukkan bahwa bayi dapat merasakan dan mencium di dalam rahim. Akan tetapi, itu didasarkan pada pengamatan setelah kelahiran, tidak seperti yang dilakukan timnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement